PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI IMPULS DAN MOMENTUM BERBASIS EDMODO DAN BERPIKIR KRITIS

Marina Chandramidi, Chusaery Rusdi Syarif, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain model pembelajaran Fisika berbasis Edmodo dan berpikir kritis yang relevan dengan materi Impuls dan Momentum untuk siswa kelas XI SMA. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Kota Serang dengan subjek penelitian sebanyak 120 orang siswa kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development mengikuti model pengembangan Borg and Gall. Model pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran Fisika materi Impuls dan Momentum di SMAN 3 Kota Serang semula adalah pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media Powerpoint. Model pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah pembelajaran berbasis masalah berbasis Edmodo dan berpikir kritis yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 3 Kota Serang. Kemampuan berpikir kritis pada saat menggunakan model pembelajaran berbasis Edmodo mengalami peningkatan, begitupun hasil pembelajarannya. Hal ini menjadi indikator bahwa model pembelajaran berbasis Edmodo dan berpikir kritis relevan untuk digunakan pada pembelajaran Fisika materi Impuls dan Momentum.

 

Kata kunci: Pengembangan model, Edmodo, berpikir kritis, Fisika


Full Text:

PDF

References


Darmawan. 2014. Pengembangan E-Learning. Bandung : Remaja Rosdakarya

Ennis, Robert. 1985. A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Virginia : Association and Curriculum Development

Fisher, Alec. 2004. Critical Thinking. United Kingdom : Cambridge University

Rosyid, Muhammad Farchani. Dkk. 2014. Kajian Konsep Fisika 1. Solo : Platinum

Rusman. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Rajagrafindo Persada

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Smaldino, Sharon. 2011. Instructional Technology and Media for Learning. Edisi kesembilan (Diterjemahkan oleh : Arif Rahman). Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sousa, David A. How The Brain Learns. 3rd ed. California: Corwin Press

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Dwiharja, Laksmi M. 2015. Memanfaatkan Edmodo sebagai Media Pembelajaran Akuntansi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015. Universitas Negeri Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i1.7710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.