PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN KEMAMPUAN MEMBUAT PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR

Dwi Pujianti, Chusaery Rusdi Syarif, Suroso Mukti Leksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD  dan kemampuan membuat peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa kelas x di SMK Muhammadiyah Cilegon.  Populasi penelitian ini adalah siswa kelas x jurusan keperawatan dengan sampel berjumlah 48.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015.  Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain by level dan menggunakan analisis Anova dua jalur.   Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvesional. Serta terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan membuat peta konsep.

 

Kata kunci: STAD, Peta Konsep, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Bekesulitan Belajar. Jakarta: Rinek Cipta.

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach (Belajar untuk Mengajar) Buku Satu Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional pendidikan.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

---------------------. 2015. Cooperative Learning (Metode Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhibbin, Syah. 2007. Psikologi Belajar. Jakarata:Raja Grafindo.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran (Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar). Bandung : Alfabeta.

Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2010. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

--------------------. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Jurnal

Akay, Sumeyye Ozbey. 2012. The Effects Of Concept Maps On The Academic Success And Attitudes Of 11th Graders While Teaching Urinary System. International Online Journal of Primary Education (IOJPE), Vol. 1, issue 1, Hlm. 23-30.

Hidayati, Imtihani Nur Arum, dkk. (2013) . “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI MAN Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 2. Hlm. 92-99

Ismail, Muratni. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri I Telaga. Jurnal Entropi, Vol. VIII, No. 1. Hlm. 520-529

Jitlakoat, Yaowalak. (2005). “The Effectiveness of Using Concept Mapping to Improve Primary Medical Care Nursing Competencies among Fourth Year Assumption University Nursing Students”. Journal Assumption University. Vol. 9, No 2. Hlm 111-120.

Maher, Angela. (2004). “Learning Outcomes in Higher Education: Implications for Curriculum Design and Student Learning. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education. Vol. 3, No. 2. Hlm. 46-54.

Marrysca, Atna Fresh Violina, dkk. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuaan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berkarakter untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa”. Jurnal Pendidikan Fisika . Vol.1 No. 2 Hlm. 6

Musyrifah dan Ismail. 2014. Pengaruh Penerapan Peta Konsep Berbasis IT Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pamboang Pada Materi Sel. Jurnal Bionature, Volume 15, No. 1, hlm. 6-15.

Sunilawati, Ni Made, dkk. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar . Vol. 3

Vanides, Jim. (2005). “Using Concept Maps in the Science Classroom”. Journal National Science Teacher Association (NSTA). Vol. 28, No. 8. Hlm. 27-31.

Van Wyk, Micheal M. (2013). “The Effect of Student Teams Achievement Divisions as a Teaching Strategy on Grade 10 Learners’ Economics Knowledge. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE). Vol.4, Issue 2. Hlm. 1153-1157

Williams, Carol G. (1998). Using Concept Maps to Assess Conceptual Knowledge of Function. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 29, No. 4 Hlm 414–42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.