PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium riil dan virtual terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Kota Serang di kelas XII IPA tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan desain faktorial 2x2. sampel dua jalur dan Uji Tuckey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar biologi siswa yang menggunakan media laboratorium virtual (nilai mean = 18.90) lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan media laboratorium riil (nilai mean = 17.87), (2) Hasil belajar biologi siswa yang mempunyai gaya extrovert (nilai mean = 18.33) lebih rendah daripada yang mempunyai gaya belajar introvert (nilai mean = 18.43), (3) Terdapat interaksi penggunaan laboratorium dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi, (4) Hasil belajar biologi siswa yang mempunyai gaya belajar extrovert yang menggunakan media laboratorium virtual (nilai mean = 18.93) lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan media laboratorium riil (nilai mean = 17.73), (5) Hasil belajar biologi siswa yang mempunyai gaya belajar introvert yang menggunakan media laboratorium virtual (nilai mean = 18.86) lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan media laboratorium riil (nilai mean = 18.00), (6) Hasil belajar biologi siswa yang mempunyai gaya belajar extrovert yang menggunakan media laboratorium virtual (nilai mean = 18.93) lebih tinggi dibandingkan siswa dengan gaya belajar introvert yang menggunakan media laboratorium virtual (nilai mean = 18.86) , dan (7) Hasil belajar biologi siswa yang mempunyai gaya belajar introvert yang menggunakan media laboratorium riil (nilai mean = 18.00) lebih rendah dibandingkan siswa dengan gaya belajar extrovert yang menggunakan media laboratorium riil (nilai mean = 17.73).
Kata kunci : Laboratorium, Gaya Belajar, Hasil Belajar Biologi
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhard. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Dorneyi, Zoltan. 2005. The Psychology of The Language Learner Individual Differences In Second Language Acquisition. London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers Mahwah, New Jersey
Ghufron, M Nur & Rini Risnawita, S. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hamalik, Oemar. 1994. Metode Mengajar dan Kesulitan Mengajar. Bandung: Tarsito
Reigeluth, C.M (ed). 1983. Instructional Design Theories and Models: a New Paradigm of Instructional Theory. New Jersey: Lawrence Erlbauw Associates publisiers.
Sadiman, Arief S., dkk. 2010. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta : RajaGrafindo persada
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Smaldino, Sharon E, Deborah L Lowther, James D Russell. 2011. Instructional Technology & Media For Learning Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana
Snelbecker, G.E. 1974. Learning Theory, Instructional Theory and Psycho-educational Design. New York : Mc. Graw-Hill Company
Sobur, Alex. 2010. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
Suparman, Atwi. 2014. Desain Instruksional Modern. Edisi keempat. Jakarta : Erlangga
Uno, Hamzah B, Nina Lamatenggo. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v3i1.7712
Refbacks
- There are currently no refbacks.