PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBANGUNAN PENDIDIKAN
Abstract
Ungkapan tentang peran teknologi pendidikan dalam dunia pendidikan masih belum banyak disadari bahkan oleh mereka dikalangan pendidikan, apalagi kontribusinya dalam pembangunan pendidikan. Sebagian dari kita menganggap bahwa hal itu antara lain disebabkan karena tidak terdapatnya istilah teknologi pendidikan (seperti halnya Manajemen Pendidikan, PAUD, Evaluasi Pendidikan, PLS dll) dalam berbagai ketentuan perundangan dan peraturan pendidikan. Makalah ini bermaksud menunjukkan bahwa meskipun istilah Teknologi Pendidikan tidak terdapat dalam berbagai dokumen peraturan, namun konsep, prinsip, dan prosedur teknologi pendidikan telah merupakan bagian integral dalam sistem pendidikan, dan karena itu telah berperan dalam pembangunan pendidikan. Pengungkapan itu diawali dengan apa paradigma pembangunan pendidikan dalam perspektif teknologi pendidikan, apa itu teknologi pendidikan, dan bagaimana wujut penerapan peran teknologi pendidikan dalam pembangunan.
Kata kunci: Teknologi Pendidikan, Pembangunan Pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Banathy, Bela H. (1991). Systems Design of Education. A journey to create the future. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications.
Ely,Donald P. and Tjeerd Plomp. The Promises of Educational Technology. International Review of Education XXXII. 1986, 231-250. Unesco Institute for Eduaction. Dordrecht:Hamburg and Martinus Nijhoff Publishers.
Januszewski, Alan and Michael Molenda. (2008). Educational Technology. A Definition with Commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associate.
Miarso, Yusufhadi. (1998a). Pendidikan Alternatif – Sebuah Agenda Pembangunan. Makalah disampaikan dalam Kedai Kajian Balitbang Dikbud , November 1998.
Miarso, Yusufhadi. (1998b). Educational Reform : The Role of Educational Technology. Makalah disampaikan dalam The Fourth Symposium on Distance and Open Learning, Bandung.
Reigeluth, Charles M. ed. (1983). Instructional Design Theories and Models. An Overview of their Current Status. Volume I. Hillsdale,NJ: Lawrence Erlbaum Assocaite, Publishers.
Reigeluth, Charles M and Alison A. Carr-Chellman. Eds. (2009). Instructional Design Theories and Models. Building a Common Knowledge Base. Volume III. New York: Tylor and Francis, Publisher.
Reigeluth, Charles M. and Robert J. Garfinkle. (eds.)(1994). Systemic Change in Education. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications.
Richey,Rita C. (1986).Theoretical and Conceptual Bass of Instructional Design. London: Kogan Page.
Senge, Peter M.(1990). The Fifth Discipline. The Art and Practice of the Learning Organization. New York: Doubleday/Currency.
Senge, Peter M., Nelda Cambron-Mc Cabe, Timothy Lucas, Bryan Smith, Jains Dutton, and Art Kleiner. (2000). School That Learn. A Fifth Discipline Fieldbook for Educators, Parents,and Everyone Who Cares About Education. New York: Doubleday.
Snelbecker,Glenn F. 1974. Learning Theory, Instructional Theory, and Psychoeducational Design. New York: McGraw-Hill Book Company.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i1.7891
Refbacks
- There are currently no refbacks.