PENGGUNAAN MEDIA CD MELALUI METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA DINI

Haliyah Haliyah, Chussaery Rusdi Syarif

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan penguasaan kosakata anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media CD pada anak TK Al – Fatah Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC Taggart   meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keefektipan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes lisan.Dari hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian direfleksi untuk menentukkan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya.Penelitian yang dilakukkan sebanyak tiga siklus ini terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara dan penguasaan kosakata anak melalui metode bercerita menggunakan media CD.  Dari hasil analisis terdapat ketuntasan belajar dari tiap siklus,  kemampuan berbicara anak pada siklus I mencapai 45,1 %, siklus II naik menjadi 63,3 %, dan siklus III naik menjadi 80,3 %. Untuk penguasaan kosakata anak pada siklus I mencapai 48,3 %, pada siklus II naik menjadi 67,6 % dan siklus III naik menjadi  83,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CD melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan penguasaan kosakata anak kelompok A TK Al – Fatah Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Tahun Pelajaran 2013 – 2014.

 

Kata kunci :Media CD, Metode Bercerita, Kemampuan Berbicara,Penguasaan Kosakata.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Bumi Aksara.

Asfandiyar, Andi Yudha. 2009. Cara Pintar Mendongeng. Bandung. Dar Mizan

Asmawati, Luluk. 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas terbuka.

B Uno, Hamzah. 2011. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Daryanto. 2012. Media pembelajaran. Bandung. Sarana Tutorial Nuraeni Sejahtera.

Dhieni, Nurbiana. 2007. Metode pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka.

Djaali. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta. Grasindo.

Gunarti, Winda. 2008. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta Universitas Terbuka

Majid, Abdul. 2008. Mendidik Dengan Cerita. Bandung. Remaja Rosdika.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung. Remaja Rosdikarya.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta. Universitas Terbuka.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian pembelajaran Bahasa.Yogyakarta.BPFE-Yogyakarta.

Sadiman, Arief S. 2011.Media pendidikan.Jakarta. Rajawali Press.

Sardjono. 2005. Terapi Wicara. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga perguruan Tinggi

Tarigan. 2008. Berbicara. Bandung. Angkasa

Utami, dkk.2012. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 9.Universitas Negeri Jakarta.

Van Tiel, Maria, Julia. 2011. Pendidikan Anakku Terlambat Berbicara. Jakarta. Pernada.

Woolfson, Richard C. 2006. Memahami dan Merangsang Perkembangan Anak Anda. Jakarta. Carisma Pubishin Group.

Zaman. 2007. Media dan Sumber Belajar di TK. Jakarta. Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i1.7894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.