PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT

Riswan Ristiawandi, Aceng Hasani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian ini menggunakan metode PTK, dengan model Kemmis Taggart, bertempat di SMAN 1 Bayah Kabupaten Lebak. Penelitian dilaksanakan pada akhir bulan September sampai awal bulan Desember 2013. Subjek penelitian terdiri dari peneliti dan implementasi model pembelajaran Team Games Tournament dan Hasil Belajar sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara objeknya adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Bayah berjumlah 32 siswa terdiri dari 23 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa: implementasi model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn siswa kelas XI di SMAN 1 Bayah Kabupaten Lebak.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Team Games Tournament, Aktivitas, Hasil Belajar PKn.


Full Text:

PDF

References


Abdul Azis Wahab., (1998) Kajian Terhadap Kinerja Kurikulum 1994 dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Bandung: Jurusan PPKN dan Hukum IKIP Bandung.

Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Jhonson, Holubec. 1994. Cooperative Learning In the Class. ASCD.Virgina, USA

Lang dan Evans. 2006. Models, Strategies, and Methods For effective Teaching. Perason Education. USA

Lie, A. 2008. Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta, Gramedia

Huda Miftahul. 2013. Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Mangkoesapoetra. 2005. Implementasi Model Cooperative Learning Dalam Pendidikan Ips Di Tingkat Persekolahan. Pendidikan.network

Sardiman. 2007. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Slavin. R.E.2008. Psikologi Pendidikan. Teori dan Praktiknya.Jakarta. Indeks

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning. Teori, Riset dan Praktik. Bandung. Nusa Media.

Sujana, Nana. 2007. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan (2007), Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: IMTIMA.

Hidayatullah, 2010. Tesis : Pengembangan Model Cooperative Learning Dengan Teknik Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Siswa Pada Mata Peajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sd Negeri Di Kecamatan Cimarga. UPI Bandung.

Sigit Darsono, 2006. Implikasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Students Teams Division Achievement) dan TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri Dampit Kabupaten Malang.

http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/712 18-09-2013 08.20

Depari Ganti, 2011. Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Dan Learning Cycle Pada Mata Pelajaran Elektronika Digital. UPI Bandung. http://jurnal.upi.edu 18-09-2013 09.10


Refbacks

  • There are currently no refbacks.