PEMANFAATAN MULTIMEDIA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Masfupah Masfupah, Sholeh Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemanfaatan multimedia dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukasari 6 pada bulan Januari sampai dengan April 2013. Populasi berjumlah 76 siswa kelas 5 SDN Sukasari 6. Sampel berjumlah 68 siswa kelas 5 SDN Sukasari 6. Metodologi penelitian ini adalah eksperimen dengan treatmet dua level yaitu kelompok eksperimen menggunakan multimedia dengan kelompok kontrol menggunakan media gambar. Pengumpalan data menggunakan teknik kuesioner dengan skala Likert dan hasil belajar IPA menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan Anova dengan signifikansi 0,05 atau 5%.  Hasil Penelitian terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukasari 6 Kota Tangerang antara pembelajaran menggunakan multimedia dan pembelajaran menggunakan media gambar, (2)  terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukasari 6 Kota Tangerang antara yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditori, (3) interaksi pembelajaran menggunakan multimedia dan gaya belajar siswa dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukasari 6 Kota Tangerang, (4) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukasari 6 Kota Tangerang yang memiliki gaya belajar visual yang mengikuti pembelajaran menggunakan multimedia dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan media gambar dan (5) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukasari 6 Kota Tangerang yang memiliki gaya belajar auditori yang mengikuti pembelajaran menggunakan multimedia dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan media gambar. Hasil uji Tuckey Qh = 12.36 > Qt = 2,89.

 

Kata kunci : pemanfaatan media animasi, gaya belajar, hasil belajar IPA Kelas 5 SD.

Full Text:

PDF

References


Anderson, W. Lorin dan Krathwohl David R, 2010, Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, dan Asesmen, Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Zainal 2009. Evaluasi Pembelajaran. Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung : Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baharuddin dan Wahyuni, 2010, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Bobbi De Porter dan Mike Hernacki. 2001.Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan( Alih Bahasa Alwiyah Abdurrahman) . Bandung : Penerbit Kaifa.

Daryanto, 2011, Media Pembelajaran, Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Dimyati, Mujiyono. 2008. Motivasi dan Prestasi Belajar. Bandung: Angkasa.

Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hermawan, Wawan, 2011, Pengaruh Media CD Tutorial dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar TIK di SMPN 1 Bojong Pandeglang (Tesis), Serang: PPs Untirta.

Hudoyo, Edi, 2008, Belajar dan Hasil Belajar, Bandung: Sinar Baru Algensido.

Indriana, Dina. 2011 Ragam Alat Bantu Media Pengajaran Mengenal, Merancang, dan Mempraktekkannya, Jogjakarta : Diva Press.

Masnaini, Ibrahim, 2010, Evaluasi dan Pengukuran Hasil Belajar, Bandung: Angkasa

Maslichah, Asyari, 2009, Belajar Ilmu Pengetahuan Alam, Jogyakarta: Ar-ruzz Media

Miarso, Yusufhadi dkk. 2008. Teknologi Komunikasi Pendidikan Pengertian dan Penerepannya di Indonesia, Jakarta: Pustekkom Dikbud dan Rajawali.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Murwani, Santosa. 2006. Penelitian di Perguruan Tinggi Peluang dan Tantangan. Jakarta : UHAMKA Press.

Nasution, S., 2008, Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran, Bandung: Jemmars

___________. 2009. Metode Research. Bandung: Jemmars.

Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Riduan, M, 2003, Penelitian Untuk Pemula, Mahasiswa, Guru dan Umum, Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Riyanto, Yatim, 2008, Paradigma Baru Pembelajaran, Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Rusman, 2011, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers

Sardiman, AM, 2011. Belajar Efektif Matematika. Jakarta: Gramedia.

Sarkim, T, 2008, Mengenal Ilmu Pengetahuan Alam (Science), Bandung: Angkasa

Sanjaya, Wina, 2012, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Semiawan, Conny R. dkk, 2008, Hakikat Imu Pengetahuan Alam, Bandung Jemmars

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Angkasa.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, Sulistiyana, 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

UU Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i1.7896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.