PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KREATIVITAS DAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Tri Munawati, Yeyen Maryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa melalui kreativitas dan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dikelas XI SMK Negeri 9 kabupaten Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 9 Kabupaten Tangerang yaitu kelas XI-Keperawatan yang terdiri dari 30 siswa pada bulan Oktober s/d November 2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriftif. Penelitian ini terdiri dari  tiga siklus yang diantarannya siklus I, siklus II, dan siklus III yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan belajar siswa meningkat dari siklus I , siklus II dan siklus III adalah 59.44, 74.30 dan 83.65. dan terdapat peningkatan hasil belajar kewirausahaan siswa sebesar 24.21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kreativitas dan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI di SMK Negeri 9 Kabupaten Tangerang.   

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Kreativitas, Model Pembelajaran Berbasis Masalah


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2008. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Hendro. 2010. Kewirausahaan untuk SMK dan MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa. 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Remaja Rosda Karya

Munandar, Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

______________. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Novianti, Ati. 2010. Hidup dalam Kreativitas. Banten: Talenta Pustaka Indonesia.

Nurani, Yuliani, Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Guru/ Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2010. Jogjakarta: Bening.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i1.7898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.