PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PEMANFAATAN MEDIA CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR

Iqro Nuriman, Sjaifuddin Sjaifuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT dan pemanfaatan modul pembelajaran sebagai media cetak dan pengaruh interaksi kedua variabel tersebut. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel terdiri dari 140 siswa yang dibagi menjadi empat kelompok, masing – masing kelompok terdiri dari 35 siswa.  Uji validitas dari 45 soal terdapat 25 butir soal yang valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,858. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar untuk aspek kognitif (Fhitung = 31,34), afektif (Fhitung = 13,69) dan psikomotor (Fhitung = 40,09) lebih besar dari nilai Ftabel (3,92). (2) terdapat pengaruh pemanfaatan modul pembelajaran terhadap hasil belajar untuk aspek kognitif (Fhitung = 27,48), afektif (Fhitung = 10,87) dan psikomotor (Fhitung = 21,86) lebih besar dari nilai Ftabel (3,92). (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran NHT dan pemanfaatan modul pembelajaran terhadap hasil belajar untuk aspek kognitif (Fhitung = 14,60), afektif (Fhitung = 8,63) dan psikomotor (Fhitung = 10,33) lebih besar dari nilai Ftabel (3,07). Sehingga secara umum terlihat bahwa model pembelajaran NHT dan pemanfaatan modul pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar fisika.

 

Kata kunci: Numbered Head Together, Modul Pembelajaran, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A.2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Atmowidjoyo, S. 2008. Perencanaan Sistem Instruksional. Jakarta: Universitas Islam Jakarta

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dlm Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Slavin, R. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Smaldino, S.E., D.L. Lowther., J.D. Russel. 2012. Instructional Technology and Media for Learning. Jakarta. Kencana Prenada Media.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineke Cipta.

Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i1.7899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.