PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Nandang Sujatna, Fatah Sulaeman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe numbered head together. Penelitian ini menggunakan metode PTK, dengan model Kemmis Taggart, bertempat di SMA Negeri 1 Panggarangan Kabupaten Lebak. Penelitian dilaksanakan pada  akhir bulan Oktober sampai awal bulan Desember  2013.  Subjek penelitian terdiri dari peneliti dan implementasi model pembelajaran tipe numbered head together dan pretasi belajar sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara objeknya adalah siswa kelas XI.IPA.2 SMA Negeri 1 Panggarangan berjumlah 34 siswa terdiri dari 20 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Imlementasi model pembelajaran tipe numbered head together dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Panggarangan Kabupaten Lebak.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together, Kemampuan Berkomunikasi, Prestasi Belajar Fisika


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

---------- dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cahyani, Nuriyah. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Head Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Pada Ranah Kognitif. (Tesis Magister Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung 2011).

Daryanto. 1990. Evaluasi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B, Zain Aswin. 2000. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Bandung: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Departemen Pendidikan Nasional.

Hopkins, D. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas (A Teachers Guide To Classroom Research). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. 2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, M. et.al. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Karso. 1994. Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D3. Jakarta: Dikdasmen Depdikbud.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Nasution, M. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pascasarjana Untirta. 2013. Buku Pedoman Penulisan Tesis Edisi 2. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ruslan. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I SMP Negeri 1 Sampolawa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 2004).

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sinuhadi, N. Hendra Putra B.S, Rufiana I, Supriadi D, 2006. Sains Fisika 2 Untuk SMA/MA Kelas XI IPA. Bekasi: PT Galaxy Puspa Mega.

Siswanto. Sukaryadi. 2009. Kompetensi Fisika Untuk SMA/MA Kelas XI. Departemen Pendidikan Nasional.

Slavin, Robert. E. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suherman. E, et al. 2001. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: JICA.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada KTSP. Jakarta: Prenada Media Group.

Wa Sinar. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas I¬.5¬ SMP Negeri 1 Kendari (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 2003).




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i1.7900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.