PENGEMBANGAN MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN, DISIPLIN DAN KERJA KERAS SISWA TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pembentukan karakter anak TK untuk membentuk kemandirian, disiplin dan kerja keras anak di sekolah. Penelitian ini dilator belakangi, anak TK kelompok A masuk sekolah dengan kondisi: 1) kemandirian dan disiplinnya belum terbentuk; 2) ketika mengikuti pembelajaran di sekolah masih sangat tergantung oleh orang tua maupun guru; 3) Keberanian belum terbentuk; 4) guru kurang mampu mengembangkan perencanaan pembelajaran yang berkaitan dengan pembentukan karakter anak.; 5) Pembelajaran yang dilakukan guru masih terlihat konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development), yang secara garis besar memiliki tahapan: 1) studi pendahuluan, untuk mengidentifikasi implementasi pembelajaran pembentukan karakter di TK; 2) Pengembangan model pemebelajaran pembentukan karakter untuk membentuk kemandiria, disiplin dan kerja keras. Upaya ini dilakukan melalui uji coba draf I (TK. Arta Kencanan) dan uji coba II (TK. PGRI II). Uji coba dilakukan untuk memperoleh model pembelajaran pembentukan karakter untuk membentuk kemandirian, disiplin dan kerja keras pada anak TK yang dianggap sudah stabil/ajeg. Uji validitas model dilakukan dengan cara expert judgement baik untuk ahli bidang pengembangan model pembelajaran maupun ahli yang menguasi konten/materi pembentukan karakter untuk anak TK. Sedangkan uji pengembangan model (draf final) dilakukan din TK. Wijaya Serang.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Pembentukan Karakter, Anak TK
Full Text:
PDFReferences
Aghla. Ummi. 2004. Mengakrabkan Anak pada Ibadah. Jakarta: Almahira.
Amri, Sofan, Ahmad Jauhari dan Tatik Elisah 2011, Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Anita Yus. 2011, Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Gordon. Ann, Kathryn. Brownie. 2010. Begginnings and Beyond: Foundation in Early Childhood Education, United Stated of America: Nasvhille.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter – Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta.
Imam. Ahmad, Ibnu Nizar. 2009. Membentuk dan Meningkatkan Disiplin Anak Sejak Dini, Madiun: Diva Press.
Kementerian Pendidikan Nasional 2010, Pendidikan Karakter Teori dan Aplikas, Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Lickona, Thomas 2012. Educating for Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nucci .P.Larry 2014.University of Ulinois At Chicago, Hand Book Pendidikan Karakter, Nusa Media, Bandung.
Parker, Deborah K. 2006, Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak, Jakarta: Anak Prestasi Pustaka.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan ANak Usia Dini.
Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Standar pendidikan Karakter di Taman Kanak-kanak.
Seaefer, Charles. 1997. Cara Efektif Mendisiplinkan Anak, Jakarta: Mitra Utama.
Sugiyono 2012. Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, S. Eko Putro 2009 Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i2.7903
Refbacks
- There are currently no refbacks.