PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empirik tentang pengaruh pembelajaran kooperatif dan sikap sosial terhadap hasil belajar membaca teks narasi Bahasa Inggris Kelas VIII di SMPN 204 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar dan kuisioner utnuk mengukur sikap sosial. Sampel yang dipilih adalah 40 siswa. Analisis data menggunakan analisa varian dua arah.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, kesimpulan penelitian ini dapat dituliskan sebagai berikut: 1) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diberikan Model pembelajran make a match lebih tinggi daripada siswa yang diberikan Model pembelajaran think pair share; 2) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa memiliki sikap sosial tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki sikap sosial rendah; 3) Terdapat pengaruh interaksi antara Model pembelajaran dan sikap sosial terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa; 4) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diberikan Model pembelajaran Make a match dan memiliki sikap sosial tinggi lebih tinggi daripada siswa yang diberikan Model pembelajaran think pair share dan memiliki sikap sosial tinggi; 5) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diberikan Model pembelajaran Make a match dan memiliki sikap sosial rendah lebih rendah daripada siswa yang diberikan Model think pair share dan memiliki sikap sosial rendah; 6) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diberikan Model pembelajaran Make a match dan memiliki sikap sosial tinggi lebih tinggi daripada daripada siswa yang diberikan Model pembelajaran make a match dan memiliki sikap sosial rendah; 7) Hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang diberikan Model pembelajaran think pair share dan memiliki sikap sosial tinggi lebih rendah daripada daripada siswa yang diberikan Model think pair share dan memiliki sikap sosial rendah.
Keywords: hasil belajar, teks narasi, sosial siswa, model mencari pasangan, pembelajaran kooperatif
Full Text:
PDFReferences
Anita Lie. 2008. Cooperatif Learning, Mempraktekan Cooperatif Learning diruang-ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.
Arifin, Zainal. 2012. Konsep dan Model Pengembagan Kurikulum; Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi dan Inovasi. Bandung: Rosda.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
---------------------------, 2010. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
---------------------------, 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, Saifudin.2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: PustakaPelaja
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
De Porter,Bobbi. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.
Djaali, H. & Pudji Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Eggen, Paul & Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran; Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.
Emzir, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Fattah Hanurawan. 2010. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Gredler, Margaret E. 2011. Learning and Instruction; Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Jamaris, Martini. 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jocye, Bruce. 2009. Models of Teaching. USA: PEARSON
Irianto, H. Agus. 2006. Statistik; Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Irianto, YoyonBahtiar. 2011. Kebijakan Pembaruan Pendidikan; Konsep, Teori, dan Model. Jakarta: Rajawali Pers.
Lestari, Indah dkk. 2013. Pendalaman Materi Bahasa Inggris. Jakarta: AKASIA
Mercer, Jeny.2012. Psikologi Sosial. Jakarta:Erlangga
Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Pribadi, Benny A. 2011. Model Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat.
Riadi, edi.2014. Metode Statistik: parametrik dan non parametrik. Tangerang : Pustaka Mandiri.
Riduwan. 2013. Metode danTeknik Menyusun Tesis. Bandung:Alfabeta.
Rusman. 2012. ModeI-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Gratindo Persada.
Sanjaya,Wina.2011.Kurikulum dan Pembelajaran; Teori dan Praktik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Santock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan Buku 1 dan 2. Jakarta: Salemba Humanika
Sarwono, Jonathan. 2011. Buku Pintar IBM SPSS Statistics 19; Cara Operasi, Prosedur Analisis Data dan Interpretasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Schunnk, Dale H. 2012. Learning Theories; An educational Perspective. New York: Pearson.
Sousa, David A. Bagaimana Otak yang Berbakat Belajar. Jakarta: Indeks.
Slavin E Robert. 2009. Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung Nusa Media.
Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan; Teori dan Praktek Jilid 1 dan 2. Jakarta: Indeks.
Sudjino, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surya, Muhammad. 2013. Psikologi Guru , Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Syam, Nina W. 2012. Psikologi Sosial sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Thobroni, Muhammad . 2011. Belajar dan Pembelajaran.Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Uno, Hamzah, Mohamad Nurdin. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAlLKEM. 'Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan, Kreatif Efektif Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Warsono, Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung :RosdaKarya.
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume 2 Tahun 2013)
http://www.metode-make-match-tujuan-persiapan-dan.html.( diakses tanggal 9 Maret 2014)
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i2.7906
Refbacks
- There are currently no refbacks.