PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR

Khuzaemah Khuzaemah, Rahman Abdullah, Luluk Asmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia. Penelitian dilaksanakan pada sejumlah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tirtayasa dengan dua kelas sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan disain faktorial 2x2. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar kimia. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik ANOVA dua jalur dan uji lanjut dengan Uji Tukey. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; 2) terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; dan 3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia.

 

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif,  NHT, TPS, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach: Belajar Untuk Mengajar Edisi Ketujuh/Buku Dua (Learning to Teach Seventh Edition). Diterjemahkan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali dan Pudji Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar (Critical Thinking: An Introduction). Diterjemahkan oleh Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Herdian. Model Kooperatif Tipe NHT. Tersedia pada http://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/modelpembelajaran-nht-numbered-heads-together/. Diakses pada: 25 April 2014.

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkkan dan Bermakna (Contextual Teaching and Learning: What it is and Why it’s Here to Stay). Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Lyman. Instructional Strategi Online: What is Think Pair Share?. Tersedia pada http:/olc.spsd.sk.ca/de/dp/instr/strarts/think/pair/share. Diakses pada 25 April 2014.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (Cooperative Learning: Theory, Research and Practice). Diterjemahkan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.