PENGARUH PEMANFAATAN INTERAKTIF WHITEBOARD DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Tugimin Tugimin, Yeyen Maryani

Abstract


Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) apakah terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang belajar dengan media interaktif whiteboard dan siswa yang belajar dengan  media visual, (2) apakah terdapat pengaruh  interaksi pemanfaatan media interaktif whiteboard dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia, (3) apakan terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang belajar dengan media interaktif whiteboard dan media visual, (4) apakah terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan media interaktif whiteboard dan media visual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Hasil uji normalitas menunjukan nilai Asym Sig untuk A1 = 0494; A2 = 0,740; B1 = 0,781; B2 = 0,938; A1B1 = 0,406; A1B2 = 0,738=6; A2B1 = 0,849 dan A2B2 = 0,849  (lebih besar dari padaα = 0,05). Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa bahwa Fhitung=0,676 sedangkan taraf signifikan α = 0,05; df1 = 3 dan df2 = 36, sehingga dieroleh Ftabel= Ft(3,36)= 2,80. Jelas terlihat bahwa Fhitung ≤ Ftabel ,maka homogen. Selain itu nilai signifikan = 0,061 (lebih besar dari pada α = 0,05). Berdasarkan tabel Test of between-subjects effects Fhitunguntuk interaksi motivasi dan media (motivasi*media) adalah 4,204 dengan nilai signifikansi sebesar 0,048 adalah lebih kecil dari 0,05 maka dikatakan bahwa rata-rata nilai hasil belajar untuk interaksi motivasi belajar dan media interaktif whiteboard adalah berbeda. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa ada keterkaitan atau interaksi antara motivasi belajar dan penggunaan media interaktif whiteboard dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar kimia siswa. Adapun saran penelitian adalah guru senantiasa meggunakan media belajar yang lebih bervariatif dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan kreativitas siswa

 

Kata kunci: Interaktif whiteboard, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kimia


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hamalik, Oemar. 2000. Metode Mengajar dan Kesulitan Mengajar. Bandung: Tarsito

Johnson, Louanne.2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: Indeks.

Riduwan. 2013. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Grafindo Persada.

_____________. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

_____________. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers

Subana. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Cara Mudah menyusun : skripsi,tesis,dan disertasi. Bandung : Alfabeta

Susilana, Rudi. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana prima

Syah, Muhibin. 2006. Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syamsudin, Abin. 2005. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tutang. 2010.Cara Mudah Mendisain Microsoft Powerpoint 2010. Jakarta:D@takom Lintas Buana

Uno. Hamzah B.2011. Teknologi Komunikasi & Teknologi Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno. Hamzah B. 2012. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

www.digitalclassroom.com.au.Promethean in Australia( diakses tanggal 19 Mei 2014)

http://www.ialf.edu/kibbipa/abstacts/otedaena.html(diakses tanggal 19 Mei 2014)

www.IWBaustralia.wordpress.com/IWB resources for Australia teacher(diakses tanggal 20 Mei 2014)

www.academicjournal.org/Educational reserch and reviews(diakses tanggal 20 Mei 2014)

www.tojet.net. The Turkis online Journal of Education Technology(diakses tanggal 20 Mei 2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.