PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN E – CLIPSE PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN

Badri Munawar

Abstract


Mobile Learning dapat menciptakan variasi belajar sehingga tidak menimbulkan kebosanan terhadap mahasiswa. Manfaat Mobile learning ini diharapkan akan memotivasi mahasiswa untuk belajar mandiri, kreatif, efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah membuat sebuah media pembalajaran yaitu mobile learning berbasis android. Setelah dilakukan uji coba terhadap produk pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android terdapat perbedaan skor rata – rata test kelompok yang menggunakan buku teks adalah 77,15 dan skor rata – rata test kelompok yang menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis android adalah 85,95. Hasil uji coba menggunakan uji t juga menunjukan  = 15,502  dengan tingkat signifikansi (P - Value) = 0,00. Sehingga diputuskan tolak  atau terima . Karena P - Value < α = 0,05 maka dapat diartikan bahwa nilai efektifitas pengunaan media mobile learning dengan buku teks secara signifikan berbeda. Sehingga media pembelajaran mobile learning ini efektif apabila digunakan sebagai pengayaan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: Mobile Learning, E-Clipse, Efektifitas


Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R & D). Bandung : Alfabeta.

Riduwan. 2010a. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

-----------. 2010b. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Mcconatha, D. 2008 Juli. Mobile Learning in Higher Education:an empirical Assessment of a New Edu¬cational Tool. The Turkish online journal of educational technology. West chester university of Pennsylvania. Volume 7 issue 3 (diunduh 1 Agustus 2014).

Serin, O. 2012 July. Mobile Learning Perceptions of The Prospective Teachers (Turkish Republic of Northern Cyprus Sampling). The Turkish online journal of educational technology. [email protected]. Cy¬prus international university, faculty of educa¬tion. Volume 11 issue 3 (diunduh 1 Agustus 2014).

Thiagarajan, S. dan Others. 1974. Intructional Develop¬ment for Teacher of Exceptional Children. Bloom¬ington : Indiana University.

Zhang, H. 2011 July. Reexamining the Effectiveness of Vo¬cabulary Learning Via Mobile Phones. The Turk¬ish online journal of educational technology. [email protected]. University of international business and economics Beijing China. Volume 10 issue

Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran, Surakarta: UNS Press.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Asyhar, R. 2010. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.

Dick, W., & Carey, L. 1985. The Systematic Design of Instruction (4th Ed). New York: Haper Collins College Publishers.

Eric, Deeson, 1991. Dictionary of Information Technology Glasgow: Harper Collins Publisher

Mayer, R.E. 2009, Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Fraenkeel, J.R dan Wallen, N.E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. Seventh Edition. Boston : Mcgraw-Hill.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Muyaroah, Siti. 2014. Pengebangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK Kelas X SMA N 5 Semarang. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Sihite, Rimayanti. 2013. Pengebangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Persamaan Reaksi Menggunakan Macromedia Flash 8 Untuk Siswa SMAN 5 Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi

Georgiev, Tsvetozar, Evgeniya Georgieva, Angel Smrikarov, A GeneralClassification of Mobile Learning Systems, International Conference onComputer Systems andTechnologies-CompSysTech’,2005,http://ecet.ecs.ru.acad.bg/cst05/Docs/cp/sIV/IV.14.pdf, diakses 27 Oktober 2014.

Sutopo, Ariesto Hadi. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Handoko. (2001). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v1i2.7910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.