Peningkatan pemahaman matematika bagi anak-anak melalui pemberdayaan media belajar ular tangga matematika

Kenny Candra Pradana, Alda Fadilla, Aldi Rizki Putra

Abstract


Kebanyakan siswa kurang memahami pelajaran matematika karena diajarkan dengan kurang bermakna dan kurang menyenangkan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan minat anak-anak di Desa Sridadi mengenai pembelajaran matematika melalui kegiatan pengabdian dengan menggunakan media belajar ular tangga matematika. Pengabdian ini dilakukan di Desa Sridadi, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Peserta kegiatan ini merupakan anak-anak berumur 13-15 tahun. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode pendidikan masyarakat dengan empat langkah utama yaitu diawali dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan tahap penilaian. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kemampuan anak-anak dalam materi Aljabar meningkat, karena nilai rata-rata skor meningkat sebanyak 55 poin. Kegiatan pengabdian ini berjalan lancar dan mendapatkan respon positif dari anak-anak yang mengikuti kegiatan.

 

Most students do not understand mathematics because it is taught less meaningfully and less fun. This service activity aims to increase children's interest in Sridadi Village in learning mathematics through community service activities using the snake and ladder mathematics learning media. This service is carried out in Sridadi Village, Wonosobo District, Tanggamus Regency, Lampung. Participants in this activity are children aged 13-15 years. The method of implementing this service uses the community education method with four main steps, namely starting with the preparation stage, implementation stage, monitoring stage, and evaluation stage. The results of this activity showed that the children's ability in Algebra material increased because the average score increased by 55 points. This service activity went smoothly and received a positive response from the children who participated.


Keywords


Anak-anak desa, pemahaman matematika, media belajar ular tangga matematika, materi aljabar.

Full Text:

PDF

References


Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Pengaruh model pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, vol. 1, no. 01, pp. 1-7. DOI: 10.24967/esp.v1i01.1327.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, vol. 1, no. 1, pp. 20-26. DOI: 10.33365/ji-mr.v1i1.252.

Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, vol. 4, no. 1, pp. 95-105. DOI: 10.24014/ejpe.v4i1.11655.

Ahmad, A., Parihin, P., Halimatuzzahrah, H., Jannah, M., Rismayati, R., & Suriyati, S. (2021). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian reward dan punisment bagi siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), vol. 4, no. 2, pp. 267-278. DOI: 10.36765/jpmb.v2i2.14.

Nasution, H. F. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika melalui bimbingan belajar gratis. Indonesian Journal Of Community Service, vol. 1, no. 1, pp. 66-73.

Rahman, A. (2015). Peranan guru bimbingan dan konseling terhadap pelaksanaan bimbingan belajar di SMK Negeri 1 Loksado. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, vol. 1, no. 3, pp. 1-14. DOI: 10.31602/jmbkan.v1i3.580.

Rosidah, A., & Faizal, N. (2020). Bimbingan belajar teknik problem solving untuk meningkatkan pengelolaan diri dalam belajar. Jurnal Fokus Konseling, vol. 6, no. 1, pp. 54-59. DOI: 10.52657/jfk.v6i1.1045.

Sholikin, R. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo tahun pelajaran 2020/2021. [Disertasi]. Ponorogo: IAIN Ponorogo.

Qomariyah, A., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017). Melanggengkan bimbingan belajar dalam kapitalisme pendidikan. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, vol. 6, no. 1, pp. 11-24.

Adhisa, R. R., Arfian, M., Purnomo, G. C., Virgina, V. F., Azhar, L., Kusumawati, W., Wandira, V. D., Handayani, T., Hidayanti, E. N., & Handayani, F. T. (2020). Pengembangan bimbingan belajar berbasis lingkungan di MIM Juwiran, Juwiring, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 19-23. DOI: 10.23917/bkkndik.v2i1.10783.

Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 68-73.

Susanti, M. D. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar anak TK. Jurnal Pendidikan Anak, vol. 4, no. 2. DOI: 10.21831/jpa.v4i2.12358.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, vol. 5, no. 1, pp. 95-113. DOI: 10.30998/rdje.v5i1.3391.

Firdaus, R., & Faisal, M. (2021). Pengabdian pada perguruan tinggi: Publikasi gamifikasi dalam pendidikan. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 19-25. DOI: 10.34306/adimas.v2i1.472.

Siamy, L., Farida, F., & Syazali, M. (2018). Media belajar matematika berbasis multimedia interaktif dengan pendekatan contextual teaching and learning. Desimal: Jurnal Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 113-117. DOI: 10.24042/djm.v1i1.1919.

Jannah, I. N., Hariyanti, D. P. D., & Prasetyo, S. A. (2020). Efektivitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 54-59. DOI: 10.23887/jisd.v4i1.24135.

Puspita, O. W., Mukhlish, M., Widowati, W., Putri, N. S., Azhari, L., & Nurjanah, T. (2022). Bimbingan belajar anak sekolah dasar berbasis ajaran tamansiswa di Dusun Munggur. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 142-151. DOI: 10.31540/jpm.v4i2.1536.

Veronica, D., & Nasution, E. Y. P. (2022). Program bimbingan belajar (Bimbel) matematika untuk siswa SD di Desa Semerap pada era pandemi Covid-19. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, vol. 4, no. 1, pp. 1-8. DOI: 10.35970/madani.v4i1.771.

Salsabila, T., Setiawan, E., & Soeleman, M. (2022). Pendampingan belajar siswa SD pada masa pandemi Covid-19 melalui kegiatan bimbingan belajar di Desa Ciharashas. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 1, no. 12, pp. 3313-3318.

Nasar, A., Ewar, H. A., Jeluna, V., Nerli, Y., & Tancenca, A. (2022). KKNM-bimbingan belajar dari rumah (BDR) secara offline selama masa pandemi Covid-19 bagi Siswa SDN Reba Rana Manggarai Timur NTT. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, vol. 3, no. 1, pp. 87-94.

Manurung, L. W., Sihotang, S., Hasugian, E. V., Gaol, Y. A. L., & Nababan, G. S. I. (2022). Bimbingan belajar gratis sebagai upaya social-distancing bagi siswa di SMP Negeri 2 Lintong Nihuta. Indonesia Berdaya, vol. 3, no. 2, pp. 239-246. DOI: 10.47679/ib.2022210.

Pane, J., Lumbantobing, N. N., Laia, R., & Tumanggor, R. M. (2022). Penerapan bimbingan belajar di SMP Negeri 1 Tapian Nauli di masa pembelajaran tatap muka terbatas. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 270-276. DOI: 10.25008/altifani.v2i3.248.

Pangaribuan, M., Purba, R., Purba, U. W., Girsang, K., Hutapea, V., & Manik, F. A. (2022). Bimbingan belajar bahasa inggris untuk kelas VII, VIII, IX di SMP Negeri 1 Silimakuta. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar, vol. 2, no. 2, pp. 12-17. DOI: 10.55927/jpmb.v1i5.893.

Pasaribu, K. M. D., Tarigan, E. M., Butar-butar, Y. M., Tampubolon, R. J. C., Purba, K. M., Manalu, D. B., & Situmeang, M. (2022). Bimbingan belajar gratis mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris dan ekonomi di SMA Perguruan Advent Pekanbaru. Jurnal Abdimas Mutiara, vol. 3, no. 1, pp. 400-405. DOI: 10.55927/jpmb.v1i5.893.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jocse.v1i1.16090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.