Advanced AutoCAD training for vocational high school teachers and laboratory assistants

Syarif Abdullah, Dhimas Satria, Ni Ketut Caturwati, Dwinanto Dwinanto, Rina Lusiani, Shofiatul Ula, Yusvardi Yusuf, Erwin Erwin, Erny Listijorini, Hamdan Akbar Notonegoro, Sidik Susilo, Haryadi Haryadi

Abstract


This community service program is carried out as drawing training using Advanced AutoCAD for teachers and laboratory assistants at a vocational high school in Serang Regency, namely SMK YP Fatahillah 1 Kramatwatu. This program is carried out to improve vocational students' ability and readiness in the world of work and industry. The training materials provided in this training are introductions, drawings, sketches, modifications, and 3D AutoCAD. This training activity is implemented using the method of presentation, tutorial, practice, discussion, question and answer, and exercises. The results of the training showed an increase in the ability of participants in the introduction of the AutoCAD application. The achievements of the activities in this training were realized by the results of the participants' work after the training.

 

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan menggambar menggunakan Advanced AutoCAD pada guru dan laboran di salah satu sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Serang, yaitu SMK YP Fatahillah 1 Kramatwatu. Program ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan siswa SMK dalam menghadapi dunia kerja dan industri. Materi pelatihan yang diberikan pada pelatihan ini yaitu tentang introductions, drawing, sketch, modify dan 3D AutoCAD. Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan metode presentasi, tutorial, praktik, diskusi, tanya jawab, dan latihan. Hasil pelatihan didapatkan peningkatan kemampuan peserta dalam pengenalan aplikasi AutoCAD. Capaian kegiatan pada pelatihan ini diwujudkan dengan hasil kerja para peserta setelah pelatihan.


Keywords


AutoCAD, training, teachers, laboratory assistants.

Full Text:

PDF

References


Adiguna, A., Amiwarti, A., Purwanto, H., Setiobudi, A., Alzahri, S., & Firdaus, M. (2021). Workshop AutoCAD 2D di SMK Negeri 1 Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 136-145.

Nasution, F., Irwan, A., & Junaidi, J. (2021). Pelatihan penggunaan perangkat lunak (software) autocad untuk gambar teknik bagi siswa SMK Negeri 4 Medan, Prioritas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 50-55.

Yani, A., Ratnawati, R., & Yusuf, M. M. (2020). Pelatihan penggunaan software autocad untuk meningkatan kompetensi siswa-siswi SMK Rigomasi Bontang. Berdaya: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 61 - 68.

Polonia, B. S. E., Yusuf, Y., Helanianto, H., & Ruchiyat, A. (2021). Peningkatan kompetensi siswa SMK Negeri 2 Ketapang Jurusan Teknik Pemesinan melalui pelatihan software AutoCAD. Abdimas Dewantara, vol. 4, no. 1, pp. 76–82.

Yani, A., Ratnawati, R., & Anoi, Y. H. (2020). Pengenalan dan pelatihan AutoCAD untuk meningkatkan kompetensi siswa Smk Nusantara Mandiri Kota Bontang. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 101-106.

Akhmadi, A. N., Qurohman, M. T., & Syarifudin, S. (2018). Peningkatan kompetensi AutoCAD bagi siswa SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, vol. 1, no. 1, pp. 15-21.

Binyamin, B., Asnan, M. N., Prasetyo, B. B., & Ledau, D. F. (2020). Program pelatihan gambar teknik menggunakan aplikasi AutoCAD di SMK Muhammadiyah 3 Samarinda. Jurnal Pesut: Pengabdian untuk Kesejahteraan Umat, vol. 2, no. 1, pp. 52-61.

Seniari, N. M., Supriyatna, S., Dharma, B. W., Natsir, A., Adnyani, I. A. S., Nababan, S., & Ginarsa, I. M. (2022). Pengenalan software AutoCAD untuk keperluan desain pada siswa SMKI Raudlatul Husna. Jurnal Abdi Insani, vol. 9, no. 1, pp. 210-218.

Rendi, R., Arifin, J., Herlina, F., Ihsan, S., Hartadi, B., & Syahrillah, G. R. F. (2020). Meningkatkan keterampilan guru SMK menggunakan aplikasi CAD di Smk Isam Sabilal Muhtadin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, vol. 6, no. 1, pp. 31-36.

Puspitasari, E., Wirawan, W., Rizza, M. A., Dani, A., & Suyanta, S. (2021). Pelatihan desain 2D dan 3D menggunakan AutoCAD bagi Karang Taruna Desa Merjosari, Kota Malang. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 264-268.

Atmajayani, R. D. (2018). Implementasi penggunaan aplikasi AutoCAD dalam meningkatkan kompetensi dasar menggambar teknik bagi masyarakat. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, vol. 3, no. 2, pp. 184-189.

Hadiwidodo, Y. S., Rochani, I., Syahroni, N., & Pratikno, H. (2020). AutoVid (AutoCAD Covid-19): Sebuah media pelatihan software AutoCAD secara online untuk masyarakat terdampak Covid-19. Sewagati, vol. 4, no. 3, pp. 183-189.

Madi, M., Hadiwidodo, Y., Tuswan, T., & Ismail, A. (2020). Analisis tingkat kepuasan peserta pelatihan AutoCAD online untuk pengabdian masyarakat terdampak Covid-19 dengan metode kirkpatrick level i. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 5, no. 4, pp. 1065-1076.

Hadiwidodo, Y. S., Syahroni, N., Rochani, I., Pratikno, H., & Madi, M. (2022). Pelatihan AutoCAD 3D secara online untuk masyarakat terdampak covid-19. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 7, no. 1, pp. 15-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jocse.v2i1.19981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.