Utilization of plasticine as a learning medium for students at State Elementary School 014 Munsalo Kopah

Irfandi Irfandi, Lasmiadi Lasmiadi, Andiyan Putra Widadi, Fil Ardi, Igo Prasenta, Muhammad Iqbal, Dila Puspita Sari, Mainur Sulvia, Mitra Aprideni, Alwitri Zulhijrani, Esiska Yulita, Delita Murni, Cahyani Agista, Dian Jusandi

Abstract


The quality of learning is not only seen from the results obtained by students but also from the learning process. Quality learning is innovative learning using various learning media. Good learning media will make it easier for students to receive the material provided by the teacher. Community service at SDN 014 Munsalo Kopah village is carried out to provide innovation and variation in teachers' use of learning media in the learning process. Participants in this activity consist of students and teachers. The stages of implementing this activity consist of material presentations, discussions, demonstrations, and training. The results obtained from this service activity are increased student motivation and creativity in learning through plasticine learning media.

 

Kualitas pembelajaran tidak hanya dilihat dari hasil yang diperoleh oleh peserta didik saja tetapi juga dari proses pembelajaran. Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan berbagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang baik akan mempermudah peserta didik menerima materi yang diberikan guru. Pengabdian kepada masyarakat di SDN 014 desa munsalo kopah dilakukan untuk memberikan inovasi dan variasi penggunaan media pembelajaran oleh guru dalam proses pembelajaran. Peserta kegiatan ini terdiri dari peserta didik dan guru. Tahapan pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari presentasi materi, diskusi, demontrasi dan pelatihan. Hasil yang di dapat pada kegiatan pengabdian tersebut adalah peningkatan motivasi dan kreativitas siswa dalam belajar melalui media pembelajaran plastisin.


Keywords


Learning media, plasticine, innovative, creative.

Full Text:

PDF

References


Hijriati, H. (2017). Peranan dan manfaat APE untuk mendukung kreativitas anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, vol. 3, no. 2, pp. 59-69.

Idris, S. F., & Suhendi, H. Y. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif GEMBI untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, vol. 5, no. 1, pp. 24-36.

Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada konsep monera berbasis smartphone Android. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 38-47.

Mustikasari, M. (2013). Media dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Pujawan, K. A. H. (2012). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran animasi berbasis inkuiri di Kelas XI Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 1-15.

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan media pembelajaran gambar berseri berbasis pop-up book untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi bahasa indonesia. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 59-66.

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook materi karangan deskripsi mata pelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 9, no. 1, pp. 19-25.

Salamah, E. R. (2017). Penggunaan media wayang pada pembelajaran IPS materi Tokoh Tokoh Kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, vol. 12, no. 2, pp. 57-65.

Sumaryanti, E., Sabri, T., & Rosnita, R. (2018). Penggunaan media wayang pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), vol. 7, no. 3, pp. 1-8.

Subarinah, S. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Kho, R., & Tyas, D. K. N. (2020). Pelatihan pembuatan alat peraga matematika bagi guru-guru SD YPK Yoka Baru Waena Kota Jayapura. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 4, no. 2, pp. 97-100.

Maisarah, A., Mahmud, M. E., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan kreativitas anak melalui metode bermain plastisin tanah liat. Journal of Education Research, vol. 1, no. 1, pp. 1-8.

Noviyanti, M. R. (2012). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Media Plastisin Tepung di TK Negeri Pembina Purwokerto. [Final Project]. Sleman: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fadlillah, M. (2016). Penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dini melalui permainan-permainan edukatif. In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”, Unmuh Ponorogo, pp. 1-7.

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, vol. 4, no. 2, pp. 193-200.

Handayani, P. H., Gandamana, A., & Farihah, F. (2017). Pengembangan kreativitas anak usia dini dalam keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, vol. 15, no. 2, pp. 46-56.

Sadiman, A. S. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syamsuardi, S. (2012). Penggunaan alat permainan edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Publikasi Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 59-67.

Pradana, K. C., Fadilla, A., & Putra, A. R. (2022). Peningkatan pemahaman matematika bagi anak-anak melalui pemberdayaan media belajar ular tangga matematika. Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE), vol. 1, no. 1, pp. 17-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jocse.v3i1.24492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.