Increasing youth competency in creating digital content using Canva for digital marketing

Hamdan Akbar Notonegoro, Nurhamida Nurhamida, Neneng Sunengsih, Syarif Abdullah, Miftahul Jannah, Fatimah Nurul Qolbi, Khadijah Barorotus Salamah

Abstract


This activity aims to accommodate teenagers' high curiosity about the development of digital technology, especially in creating valuable content for marketing their products on the digital market. For these reasons, UPPA Hamzah held digital competency training for teenagers in RW 02, Cipayung sub-district, Ciputat District. This training activity consists of two sessions: a photography training session and training on using the Canva application to create digital content. This activity was carried out independently and presented three speakers from different backgrounds. Participant participation was identified based on the initial target number of participants, the number of participants who registered and attended the event, and the age range and gender ratio of the participants. In this activity, participants were trained to create digital content from the results of their photography using the Canva application installed on their cell phones.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengakomodir tingginya rasa keingintahuan remaja terhadap perkembangan teknologi digital, terutama dalam pembuatan konten yang bermanfaat untuk memasarkan produk-produk mereka di pasar digital. Berdasarkan alasan tersebut, UPPA Hamzah mengadakan pelatihan kompetensi digital untuk para remaja di RW 02 kelurahan Cipayung Kecamatan Ciputat. Kegiatan pelatihan ini terdiri dari dua sesi, yaitu sesi pelatihan fotografi dan pelatihan penggunaan aplikasi Canva untuk membuat konten digital. Kegiatan ini dilaksanakan secara swadaya dan menghadirkan tiga narasumber dari latar belakang yang berbeda. Partisipasi peserta yang hadir diidentifikasi berdasarkan target awal jumlah peserta dengan banyaknya peserta yang mendaftar dan hadir dalam acara, serta rentang usia dan rasio gender para peserta. Pada kegiatan ini, para peserta dilatih untuk mampu membuat konten digital dari hasil pengambilan fotografi sendiri menggunakan aplikasi Canva yang ditanam pada ponsel mereka.

 


Keywords


Youth, competency, digital content, photography, Canva.

Full Text:

PDF

References


Sumantri, H. E., Darmawan, C., & Saefulloh, S. P. (2014). Modul 1: Generasi dan Generasi Muda. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Putri, R. A., Lestari, P., & Nilawati, I. (2020). Gerakan remaja sehat dan produktif (geratif) sebagai upaya preventif perilaku beresiko remaja. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), vol. 2, no. 1, pp. 25-31.

Hidayat, R., Maf’ullah, E. N., Mardiyanti, D., & Susanti, A. (2021). Pemberdayaan remaja produktif melalui pelatihan pemanfaatan tanaman lokal untuk pembuatan hand sanitizer di Desa Banjarsari Jombang. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 21-26.

Slamet, R., Nainggolan, B., & Ramdani, H. (2016). Development Strategy Of Digital Start Up To. Jurnal Manajemen Indonesia, vol. 16, pp. 136-147.

Satria, H. W., & Agustine, D. K.. (2019). Tinjauan alur kerja copywriter divisi konten Suitmedia dalam industri kreatif pemasaran digital. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, vol. 2, no. 1, pp. 35-43.

Supriyanto, S. (2019). Kajian Pemanfaatan E-Commerce dalam Banten. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Herman, N. (2022). Analisis model bisnis pasar digital Shopee. OSF Preprints, pp. 1-4.

Putri, A. F., Hartati, T., & Purwinarti, T. (2017). Analisis konten kreatif pada fanpage facebook cadbury dairy milk Tahun 2016. EPIGRAM (e-Journal), vol. 14, no. 2, pp. 131-141.

Ahmad, K., & Krisnadi, I. (2020). Digitalisasi koperasi dalam penyempurnaan konsep pasar digital nasional sebagai penangkal resesi ekonomi di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, vol. 9, pp. 1-12.

Abdullah, S., Alhamidi, A. A., Notonegoro, H. A., Hendra, H., Erwin, E., Lusiani, R., ... & Setiawan, I. (2023). Pelatihan menggambar teknik 3D menggunakan aplikasi berbasis CAD (Computer Aided Design) untuk guru SMK. Civil Engineering for Community Development (CECD), vol. 2, no. 2, pp. 117-123.

Zettira, S. B. Z., Febrianti, N. A., Anggraini, Z. A., Prasetyo, M. A. W., & Tripustikasari, E. (2022). Pelatihan aplikasi Canva untuk meningkatkan kreativitas desain promosi usaha mikro kecil dan menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, vol. 2, no. 2, pp. 99-105.

Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, vol. 3, no. 2, pp. 68-78.

Hayati, K., Sinaga, J. B., Fathimah, V., Sitanggang, T. N., Ginting, W. A., Sari, I. R., ... & Dini, S. (2022). Pemberdayaan remaja dalam membuat aneka bucket hadiah dan pelatihan pemasaran digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi, vol. 1, no. 1, pp. 28-35.

Mudjahid, C., Luthfi, H., Juniar, R. P., & Saifudin, A. (2023). Perancangan sistem aplikasi layanan publik kelurahan berbasis web (Studi kasus Kelurahan Cipayung Kecamatan Ciputat). OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains,vol. 2, no. 08, pp. 2307-2315.

Candrasari, Y. C., & Claretta, D. (2020). Pengembangan dan pendampingan literasi digital untuk peningkatan kualitas remaja dalam menggunakan internet. Dinamisia: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 4, no. 4, pp. 611-618.

Purnomo, N. (2020). Peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan digital marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 376-381.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Trisnadoli, A., Lestari, I., & Muslim, I. (2021). Pelatihan pengembangan website untuk peningkatan digital profile remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, vol. 4, no. 2, pp. 67-72.

Jasmani, J., Maduningtias, L., & Irmal, I. (2019). Pelatihan dan penguasaan digital marketing dalam meningkatkan pendapatan para remaja di lingkungan Benda Timur IV. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, vol. 2, no. 1, pp. 65-68.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), vol. 2, no. 2, pp 1-6.

Nisfiannor, M., & Rostiana, T. P. (2004). Hubungan antara komitmen beragama dan subjective well-being pada remaja akhir di universitas Tarumanagara. Jurnal Psikologi, vol. 2, no. 1, 74-93.

Makmum, A. S. (2003). Karakteristik perilaku dan kepribadian pada masa remaja. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 17-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jocse.v3i1.24548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.