INOVASI PELAYANAN PUBLIK BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL DALAM MEWUJUDKAN INDONESIA EMAS 2045
Abstract
Dalam menuju Indonesia Emas 2045, pemerintah menggencarkan berbagai program yang tujuannya adalah untuk kemajuan bangsa. Teknologi sebagai salah satu pilar penting pembangunan memberikan inovasinya dalam pelayanan publik melalui BRIN yakni E-Layanan Sains (ELSA) yang merupakan sebuah inovasi layanan yang dibuat oleh BRIN dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada pengguna. ELSA memiliki tujuan untuk menjadikan layanan BRIN menjadi mudah serta memberikan kecepatan akses terhadap penggunaan fasilitas penelitian secara efektif, pengembangan serta pengkajian. Pada penulisan artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mana data dikumpulkan dari pernyataan yang dijabarkan kemudian dianalisis dengan sumber data. Penulisan artikel ini menggunakan teori inovasi Rogers yang terdiri dari 5 atribut yakni: (1) Relative advantage, (2) Compability, (3) Complexity, (4) Triability, (5) Observability. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana inovasi pelayanan publik BRIN dapat berguna bagi negara khususnya dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi pelayanan publik ELSA BRIN sudah berjalan sesuai tujuannya namun masih terdapat kekurangan dalam berbagai aspekMasalah teknologi di Indonesia harus segera diselesaikan sebab, Indonesia akan menatap Indonesia Emas 2045 dengan harapan Indonesia sudah menjadi pusat peradaban di dunia yang salah satu fokusnya adalah teknologi dan yang paling terpenting Indonesia menuju menjadi negara maju dan bukan lagi negara berkembang.
Full Text:
PDFReferences
Agus Triana, E., Aryani, L., Studi, P., Pemerintahan, I., Karawang, S., Ronggo Waluyo, J. H., Puesurjaya, K., Telukjambe, T., Karawang, K., & Barat, J. (n.d.). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi “Durenmas” Oleh Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Banjarnegara.
Andayani, W., Putrianti, E., Wisdaningrum, O., Putranto, P., & Yanuarisa, Y. (2024). Penguatan Good Governance: Pengalaman Penerapan Electronic Government Pemerintah Daerah Di Indonesia. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 116–131.
Aprilia Hapsari, Muhammad Guntur, & Rukmana, N. S. (2021). Inovasi Pelayanan Publik (PAKDES: Aplikasi Laporan Dana Desa Kreatif Berbasis Online di Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros). Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 283–304. https://doi.org/10.52316/jap.v17i2.77
Ekonomi, J., dan Akuntansi, M., Febri Budiman, I., & Manajemen Keuangan Negara Politeknik Keuangan Negara STAN, D. (2024). Neraca (Vol. 70, Issue 3). http://jurnal.kolibi.co.id/index.php/neraca
Fitria, N. J. L. (2021). Pembentukan Badan Riset Dan Inovasi Nasional Sebagai Upaya Menuju Good Governance Dengan Prinsip Reformasi Birokrasi. Wacana Publik, 15(02), 105. https://doi.org/10.37295/wp.v15i2.62
Gadjah Mada, U., & Sosio Yustisia Yogyakarta, J. (2011). Inovasi Pelayanan Publik Setengah Hati: Studi Pelayanan Publik SAMSAT Kota Yogyakarta Wasisto Raharjo Jati. In Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Vol. 15, Issue 1).
Ilham Nur Haslin, M., Al Gazali Barru, S., DDI Banga-banga, M., & DDI Takku, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa Madrasah dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045 (Vol. 01, Issue 01). Maharani Alfrida, R., Sunu Astuti, R., & Soedarto, J. H. (n.d.). Characteristic Of E-Service Innovation In The City Of Semarang Population And Civil Registration Office (Case Study Of Birth Certificate And
Death Certificate) Oleh.
Prafitri, N., Sosial, F. I., Politik, I., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (n.d.). MIDA Majalah Ilmiah Dinamika Administrasi.
Putu, N., & Widanti, T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 3, Issue 1).
Rezza Dzumalex, A., Dinya Solihati, K., Riset dan Inovasi Nasional, B., & STIA LAN Jakarta, P. (2023). Pengaruh Penerapan E-Layanan Sains (ELSA) Terhadap Peningkatan Kualitas Layanan Pengujian Laboratorium Imaging Fisika Maju BRIN. In Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship (Vol. 5, Issue 1). www.elsa.brin.go.id.
Widianti, F. D. (2022). Dampak globalisasi di negara Indonesia. JISP (Jurnal Inovasi Sektor Publik), 2(1), 73–95.
Refbacks
- There are currently no refbacks.