PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ANIMALIA BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Lina Isnaini, Dwi Kameluh Agustina, Devita Sulistiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap game edukasi animalia berbasis android untuk siswa kelas X SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Model Pengembangan menggunakan model Sugiyono yang dibatasi sampai tahap tujuh yaitu revisi produk. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan data kualitatif. Hasil uji kelayakan game edukasi animalia berbasis android untuk siswa kelas X SMA/MA mendapatkan penilaian dari ahli materi dengan presentase kelayakan sebesar 79,33% dengan kategori layak, mendapatkan penilaian dari ahli media pembelajaran dengan kelayakan sebesar 81,4% dengan kategori sangat layak, mendapatkan penilaian dari ahli media IT dengan kelayakan sebesar 86,5% dengan kategori sangat layak dan penilaian pada uji coba terbatas/skala kecil berupa uji keterbacaan guru mendapatkan presentase kelayakan sebesar 90,37% dengan kategori sangat layak serta uji coba keterbacaan siswa mendapatkan presentase sebesar 85,93% dengan kategori sangat layak. Hasil uji respon terhadap siswa yang sudah pernah mendapatkan pelajaran materi animalia mendapatkan persentase sebesar 91,5% dengan kategori sangat baik. Hasil perolehan dari uji kelayakan dan uji respon dapat disimpulkan bahwa game edukasi animalia berbasis android sangat layak dan sangat baik digunakan untuk siswa kelas X SMA/MA.

Keywords


Android, Game edukasi animalia, Pengembangan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i2.16496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA