EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR MODUL DIGITAL BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu elemen yang sangat penting yang harus dipertimbangkan dalam proses pembelajaran. Namun nyatanya, bahan ajar yang digunakan masih konvensional berupa softcopy hardcopy, handout, dan slide power point, sehingga siswa enggan untuk membaca. Khususnya, pada mata pelajaran biologi, dibutuhkan bahan ajar yang sederhana dan praktis sehingga dapat menunjang teori maupun praktik. Terkait dengan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan bahan ajar modul digital berbasis mobile learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran biologi dan efektivitas implementasi bahan ajar modul digital berbasis mobile learning dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang. Penggunaan teknik random sampling digunakan untuk menentukan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui pendistribusian hasil pre-test dan post-test pada kedua kelas sampel tersebut. Berdasarkan beberapa tahapan analisis data, data terdistribusi normal dan varian data homogen. Selanjutnya, uji paired sample t-test, menunjukkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar untuk pre-test dan post-test pada kelas yang diajarkan dengan mengaplikasikan bahan ajar modul digital berbasis mobile learning,sedangkan ujiN-Gain score menujukan bahwa implementas i bahan ajar modul digital berbasis mobile learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar dengan nilai 77%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penggunaan bahan ajar modul digital berbasis mobile learning pada proses pembelajaran mampu mempengaruhi dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
efektivitas, bahan ajar, modul digital, mobile learning, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v17i2.16509
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 BIODIDAKTIKA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA