KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALAUI PENERAPAN TEKNIK MIND MAP PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH MANUSIA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KOTA SERANG

Eirynha Oktaviani, Mila Ermila Hendriyani, Dwi Ratnasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa melalui penerapan teknik mind map pada konsep sistem pertahanan tubuh manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kota Serang tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian iniadalah kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda untuk mengukur kemampuan kognitif siswa dan lembar observasi untuk menilai mind map yang dibuat oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa pada kelas XI IPA yaitu 82 dengan kategori baik. Hasil kemampuan kognitif siswa adalah 20% dalam kriteria baik sekali, 55% dalam kriteria baik, dan 25% dalam kriteria cukup. Hasil pembuatan mind map siswa secara keseluruhan menunjukkan nilai rata-rata 70,75 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa masuk dalam kategori baik dengan menggunakan teknik mind map.

Keywords


biologi dan pembelajaran biologi

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v14i1.4842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BIODIDAKTIKA, JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA