EDUCATIONAL CHALLENGES IN FORMING TEACHER CHARACTER AND QUALITY IN THE DIGITAL ERA

Entin Melati Solihah

Abstract


ABSTRAKDari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, tantangan terhadap pendidikan kewarganegaraan di sektor pendidikan semakin meningkat. Sebab pendidikan pun ikut berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Teknologi saat ini memungkinkan orang-orang dari seluruh negara bertemu secara online. Oleh karena itu, tujuan artikel ini adalah untuk memotret bagaimana pendidikan kewarganegaraan berkembang di era digital. Tantangan kami adalah mendidik siswa tentang etika di era digital. Tantangan pendidikan karakter di era digital antara lain keseimbangan, keamanan, cyberbullying, sexting, hak cipta, plagiarisme, dan masih banyak lagi. Pengambil kebijakan di bidang pendidikan harus berperan aktif dalam pengembangan pembelajaran tekstual digital yang berkelanjutan untuk memastikan efektivitas pelaksanaan pembelajaran digital. Metode penelitian yang diterapkan adalah SLR (Systematic Literature Review). Akumulasi data dilakukan dengan mengumpulkan artikel-artikel yang relevan mengenai temuan penelitian serupa. Artikel yang diambil dan digunakan dalam penelitian ini adalah tujuh artikel jurnal nasional yang diambil dari database Google Scholar dengan menggunakan aplikasi publikasi. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pendidikan di era digital, pengajar/guru sebagai pendidik harus mampu mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi ke dalam upaya pendidikan. Hal ini dilakukan secara terus menerus agar kualitas proses pendidikan dan hasil pembelajaran dapat meningkat secara signifikan, dan kualitas pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan secara bertahap. KATA KUNCI : Tantangan Pendidikan; Karakter; Kualitas Guru; dan Era Digital 

Keywords


KEYWORDS: Educational Challenges; Character; Teacher Quality; and the Digital Era

Full Text:

PDF

References


Agustang, Andi, Indah A. Mutiara, and Andi Asrifan. (2021). “Masalah Pendidikan Di Indonesia.” OSF Preprints. January 10. doi:10.31219/osf.io/9xs4h.

Dermawan,D., Rosmilawati.I. (2020) Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiataan Pembiasaan Pada Program Paket C di Lembaga PKBM Negeri 21 Tebet Timur Jakarta. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah

Faiz, Aiman, Kurniawaty. 2022. Urgensi Pendidikan Nilai Di Era Globalisasi Aiman Faiz 1, Imas Kurniawaty 2. 6(3):322229.

Kholifah, A. (2022). Strategi Pendidikan Pesantren Menjawab Tantangan Sosial di Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4967–4978.

Mihit, Y. (2023). Dinamika dan Tantangan dalam Pendidikan Pancasila di Era Globalisasi: Tinjauan Literatur. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 357–366

Nata, Abudin. (2012) dalam Kholifah, A. (2022). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Pesada.

Putra, Haidar. (2012) dalam Kholifah, A. (2022). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. 1st ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rahman, Aulia. (2022) dalam Kholifah, A. (2022). Jurnal Basicedu. 6(2):1829“36.

Salsabila, Rohmadani, Mahmudah, Fauziyah, & Sholihatien, (2022). Tantangan Pendidikan Multikultural di Indonesia di Zaman Serba Digital. ANWARUL, 2(1), 99-110.

Subroto, D.E, Supriandi, ., Wirawan, R., & Rukmana, A.Y. (2023) : Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantanagn dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia: Jurnal Pendidikan West Science

Triyanto. T. (2020) Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 175-184

VL. Ngongo, T. Hidayat, & Wiyanto (2019) Pendidikan di Era Digital: Seminar pendidikan nasional 03 mei 2019

Zufiroh, l Basri, Sugianto (2023). Tantangan Guru Pemdidikan Agama Islam dalam Menghadapi Era Society 5.0: Jurnal An-Nur

Nur Agnia, ASG., Furnamasari, YF., & Dewi, DA. (2021). Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5 (3), 9331–9335.

Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 83–88.

Khotimah, Usnul. 2022. “PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PEMBELAJARAN ABAD 21.” Thesis Commons. May 21. doi:10.31237/osf.io/jfr4v.

Zebua, FRS (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan , 3 (1), 21–28.