The Effect of Jigsaw Type Cooperative Learning Model on Communication Skills of Junior High School Students on the Classification of Living Things Material

Aviana Aprilia Fatikhatin

Abstract


Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, keterampilan berkomunikasi, materi klasifikasi makhluk hidup

Keywords


Jigsaw Type Cooperative Learning, Communication Skills and Classified Material Modeling Living Creatures

Full Text:

PDF PDF

References


Aeni, A. A., Ariyanto, J., & Santosa, S. (2017). Studi Komparasi Capaian Keterampilan Komunikasi

Siswa Antara Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Praktikum dengan Model

Guided Discovery pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Boyolali The Comparative Study of

Student Communication Skills Achievement . Proceeding Biology Education Conference, 14(1),

–346.

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari

Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113.

https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Armanto, S., Armanto, D., & Harahap, M. B. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi

Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Azahari, A. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

TERHADAPPendidikan, J., Islam, A., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Syraif, N., & Jakarta, H.

(2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP

KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJ.

Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa

Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research,

(4), 546. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925

Gusmulyadin R. (2022). Pengaruh Lingkungan Organisasi Dan Kepercayaan Diri Terhadap

Keterampilan Komunikasi. 7–21.

Herawati, L., & Irwandi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap

Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneunship Vi, 1–9.

http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/211

Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode

Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120.

https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712

Krisna Anggraeni, & Devi Afriyuni Yonanda. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal

Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Visipena

Journal, 9(2), 385–395. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.467

Rizki, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif

Jigsaw. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3224

Sholihah, H. A., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2016). Metode Pembelajaran Jigsaw Dalam

Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMP. Prosiding Konferensi Pendidikan

Nasional, 160–167.

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan

Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206.

https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206

Yasmine Nazla. (2018). Pembelajaran Menyenangkan Pada Masa Pandemi dengan Metode Game

Based Learning (GBL). Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,.

https://osf.io/3yzqf/download/?format=pdf