The Effect of Jigsaw Type Cooperative Learning Model on Communication Skills of Junior High School Students on the Classification of Living Things Material
Abstract
Keywords
References
Aeni, A. A., Ariyanto, J., & Santosa, S. (2017). Studi Komparasi Capaian Keterampilan Komunikasi
Siswa Antara Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Praktikum dengan Model
Guided Discovery pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Boyolali The Comparative Study of
Student Communication Skills Achievement . Proceeding Biology Education Conference, 14(1),
–346.
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari
Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113.
https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968
Armanto, S., Armanto, D., & Harahap, M. B. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi
Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).
Azahari, A. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
TERHADAPPendidikan, J., Islam, A., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Syraif, N., & Jakarta, H.
(2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP
KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJ.
Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa
Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research,
(4), 546. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925
Gusmulyadin R. (2022). Pengaruh Lingkungan Organisasi Dan Kepercayaan Diri Terhadap
Keterampilan Komunikasi. 7–21.
Herawati, L., & Irwandi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap
Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneunship Vi, 1–9.
http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/211
Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode
Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120.
https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712
Krisna Anggraeni, & Devi Afriyuni Yonanda. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal
Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Visipena
Journal, 9(2), 385–395. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.467
Rizki, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif
Jigsaw. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3224
Sholihah, H. A., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2016). Metode Pembelajaran Jigsaw Dalam
Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMP. Prosiding Konferensi Pendidikan
Nasional, 160–167.
Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan
Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206.
https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206
Yasmine Nazla. (2018). Pembelajaran Menyenangkan Pada Masa Pandemi dengan Metode Game
Based Learning (GBL). Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,.
https://osf.io/3yzqf/download/?format=pdf