PENTINGNYA LITERASI DIGITAL BAGI GURU PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TINGKAT DASAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENYELENGGARAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

KHOLID KHOLID

Abstract


Transformasi penyelenggaraan pendidikan terutama dalam kegiatan pembelajaran sudah berkembang begitu cepat. Pengintegrasian teknologi informasi ke dalam proses pembelajaran sudah menjadi sebuah keniscayaan yang harus dilakukan dalam rangka mengakomodasi tuntutan kurikulum dan dinamika perkembangan zaman. Kegiatan belajar tidak lagi hanya terbatas pada kontek ruang kelas seperti halnya yang terjadi pada penyelenggaraan pembelajaran konvensional, sungguhpun itu masih tetap dipertahankan dan berjalan, akan tetapi di era digital seperti sekarang ini, kegiatan pembelajaran juga dapat dilakukan secara virtual atau online. Dinamika perkembangan penyelenggaraan pendidikan tersebut sudah barang tentu harus dibarengi dengan penyiapan kompetensi tenaga pendidik dalam mengelola pembelajaran yang bebasis online. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis yang dilakukan dengan responden sejumlah guru dan kepala madrasah serta kepala raudhatul athfal menunjukan bahwa literasi digital atau kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran masih sangat rendah. Data menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring (online) sebagian besar guru hanya menggunakan fasilitas wa group (WAG) padahal fasilitas penyelenggaraan pembelajaran berbasis online yang lebih akomodatif dan interaktif sudah tersedia seperti zoom meeting, google meet atau google classroom atau aplikasi media pembelajaran online lainnya yang memudahkan guru dan peserta didik untuk berinterkasi selama proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rizali, Indra Djati Sidi, dan Satria Dharma. 2008. Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. ______: Grasindo

Brooks, Susan and Young. 2006. Digital Age Literacy for Teachers. Washington: International Society for Technology in Education

Diputra, Komang Sujendra, Ni Ketut Desia Tristiantari, I Nyoman Laba Jayanta. 2020. Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. Journal of Character Education Society. Vol. 3, No. 1, Januari 2020

Hocky, Nickly and Lindsay Clandfield. ____. Teaching Online: Tools and techniques, options and opportunities. UK: Delta Publishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.