GAMBARAN PENGETAHUAN PERAWAT DAN BIDAN TENTANGPENATALAKSANAAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN LALU LINTAS DI UGD PUSKESMAS GUNUNG SARI KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN SERANG

eli amaliyah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini mengambil judul Gambaran Pengetahuan Perawat dan Bidan Tentang Pertama Pada Kecelakaan Lalu Lintas Di IGD Puskesmamas Kecamatan Gunung Sari Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 31 orang perawat dan bidan di Puskesmas Gunung Sari Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang. , yaitu seluruh populasi dalam penelitian ini. Dengan demikian teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Sedangkan data penelitian meliputi aspek pemahaman, penerapan, dan evaluasi terhadap penanganan pertolongan pertama pada lalu lintas. kecelakaan (P3K), diperoleh dengan menggunakan instrumen kuisioner dengan skala Likert.Hasil penelitian, pemahaman manajemen terkait P3K membuktikan bahwa Perawat dan Bidan sangat sadar dalam melakukan pertolongan bagi korban harus diperiksa teliti memeriksa korban kecelakaan.Perawat dan Bidan memahami tindakan pertama yang harus dilakukan untuk membantu para korban, dan memelihara serta sebelumnya ent kerusakan yang lebih besar. Terkait aspek manajemen aplikasi P3K, Perawat dan Bidan mampu melaksanakan manajemen P3K dengan baik, dan seringkali diwujudkan dengan selalu menerapkan prinsip-prinsip manajemen P3K dalam membantu korban kecelakaan. Terkait aspek evaluasi manajemen P3K, Perawat dan Bidan Menunjukkan integritas dan tanggung jawab Perawat dan Bidan yang tinggi, selalu dan sering memastikan korban dapat diatasi atau korban dianggap berasal dari rumah sakit, menilai keberhasilan tindakan yang diberikan kepada korban.

 

Kata kunci: P3K


Full Text:

PDF

References


Arikunto,S.(2010).Prosedur PenelitianSuatuPendekatanPraktik.Jakarta: RinekCipta

Azwar, S. (2012).MetodePenelitian. Yogyakarta: PustakaPelajar

Bahrami, M.A., Maleki, A., Ezzatabadi, M.R.,Askari, R., dan Tehrani, G.H. (2011).Pre-hospitalemergency medicalservicesindeveloping countries: acasestudyabout EMSresponsetimein Yazd, Iran. Iranian Red CresentMedical Journal,13(10):735-738.

CecepD.S.(2014).Keselamatandankesehatankerja.Yogyakarta.Gosyen publishing.

Hidayat. Azis . A. (2007) Riset Keperawatan dan tehnik penulisan ilmiah,Jakarta: PT.Salemba medika

Listyana,(2015), Hubungan pengetahuan Polisi Lalu lintas Dengan Penatalaksanaan Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalutas di Satlantas Polresta Surakarta,

Margareta,Shinta.(2012).BukuCerdas P3K: 101PertolonganPertamaPadaKecelakaan.Yogyakarta:Niaga Swadaya.

Murniati, Monika Palupi, et.al (2013). Alat-Alat Pengujian Hipotesis. Semarang: Unika Soegijapranata.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). IlmukesehatanMasyarakatPrinsip-PrinsipDasar. RinekaCipta. Jakarta.

Notoatmojo, S. (2005).MetodologiPenelitianKesehatan.Jakarta: RinekaCipta.

Notoatmojo,S.(2010). PromosiKesehatan: TeoridanAplikasi(EdisiRevisi2011). Jakarta: RinekaCipta.

Nursalam.(2013).Metodologi PenelitianIlmuKeperawatan:PendekatanPraktis.Edis3.Jakarta:SalembaMedika.Sugiono.(2011).MetodePenelitianKuantitatifKualitatifdanR&D. Edisi12.Bandung: Alfabeta.

Titin, silvia. (2010).BukuPintarP3K.Yogyakarta: TiaraPustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)