PERSEPSI PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN TENTANG PELAYANAN KEGAWATDARURATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD dr. DRADJAT PRAWIRANEGARA SERANG
Abstract
Pelayanan gawat darurat adalah pelayanan kesehatan yang harus diberikan secepatnya untuk mencegah kematian, keparahan dan atau kecacatan sesuai dengan kemampuan fasilitas kesehatan. Pemanfaatan jaminan ini dapat digunakan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas, praktik dokter, praktik dokter gigi, klinik pratama dan rumah sakit kelas D pratama serta fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan seperti klinik utama, rumah sakit umum dan rumah sakit khusus sekalipun dalam keadaan darurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pasien penggunan BPJS Kesehatan tentang pelayanan kegawatdaruratan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr. Dradjat Perawiranegara Serang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif untuk melihat gambaran persepsi pasien pengguna BPJS Kesehatan tentang pelayanan kegawatdaruratan dengan sampel sebanyak 73 pasien BPJS di IGD Rumah Sakit Umum Daerah dr. Dradjat Prawiranegara. Hasil menunjukkan dimensi reliability (keandalan), dimensi responsiveness (daya tanggap) dan dimensi empathy (empati) memilik kesenjangan terbesar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai gap 5 dari ketiga dimensi tersebut (-0,33). Hanya ada satu dimensi yang memiliki kesenjangan kecil yaitu dimensi assurance (keamanan) dengan nilai gap 5 yaitu 0,01.
Kata kunci : Persepsi, BPJS, Kegawatdaruratan
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati, Diah & Lataruva, Eisha. (2014). Pengaruh beban kerja terhadap stress perawat IGD dengan dukungan sosial sebagai variabel moderating (studi pada RSUP Dr. Kariadi Semarang). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang
BPJS Kesehatan. (2015). Retrieved september sabtu, 2017, from http://bpjs-kesehatan.go.id
Citra. (2012). Pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap RSU Bundan Thamrin Medan tahun 2012. Medan : Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara
DeLaune, S. C., & Ladner, P. K. (2011). Fundamental of nursing standards & practice, 4th edition. new York: Dalmar Cengange Learning.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2008). Riset kesehatan dasar (RISKESDAS) 2007 Laporan Nasional 2007
Dharma, K. K. (2011). Metodologi penelitian keperawatan : Panduan melaksanakan dan menerapkan hasil penelitian. Jakarta: Trans Info Media.
Good, J. (2006). Wittgenstein and The Theory of perception. London: British library cataloguing.
LeBoeuf, M. (2010). Menangani dan memelihara pelanggan seumur hidup. Jakarta: PT Tangga Pustaka.
Martilla, J.A. and James, J.C. (1977). Importance-performance analysis, Journal of Marketing, Vol. 41 No. 1, pp. 77-9.
Mukti, Wibawani Yunestri., Hamzah, Asiah & Nyorong Mappeaty. (2013). Pengaruh mutu layanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit woodward kota palu. Jurnal AKK Vol 2 No 3. Makasar : Jurnal AKK
Nichols, Ryan. (2007). Thomass Reid;s Theory of Perception. New York : Oxford University Press Inc
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
Rangkuti, F. (2006). Measuring customer satisfaction : Teknik mengukur dan strategi meningkatkan kepuasan pelanggan plus analisis kasus PLN-JP. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sulistiyo, Budi. (2010). Analisa dimensi service quality (servqual) terhadap asuhan keperawatan di ruang perawatan umum I dan II di RS Sentra Medika. Universitas Indonesia. diakses melalui www.lib.ac.id
Undang – Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN)
Widjajarta, Marius. (2011). Laporan akhir tim pengkajian hukum tentang hak dan kewajiban tenaga kesehatan. Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukun dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
Wospakrik,Frengki. 2010. Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi Fisik Terhadap Peran Perawat dalam Pelaksanaan Personal Hygiene di Ruang Bedan dan Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Nabire. Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jik.v2i1.14339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)