GAMBARAN EMPIRIK PENERAPAN CARING PERAWAT VOKASIONAL DI RUANG RAWAT INAP RSUD BERKAH PANDEGLANG
Abstract
Caring perawat merupakan suatu sikap, rasa peduli, hormat dan menghargai orang lain. Artinya memberikan perhatian yang lebih baik kepada seseorang dan bagaimana seseorang itu bertindak. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran empirik penerapan caring perawat vokasional di ruang rawat inap RSUD Berkah Pandeglang. Metode penelitian cross sectional. Hasil menunjukkan respon kepuasan yang tinggi terhadap aktivitas carring yang dilakaukan oleh perawat. Materi pelaksanaan carring juga sangat direspon oleh sebagian besar responden. Beberapa materi carring yang menjadi perhatian utama responden adalah sikap dan tindakan perawat, responsibilitas terhadap setiap kebutuhan pasien, mendengarkan keluhan pasien, menjelaskan proses dan riwayat penyakit kepada pasien. Berbagai hal yang menjadi perhatian utama responden adalah berbagai karakteristik, antara lain kejujuran, responsibilitas, kompetensi, perhatian, sehingga pasien merasa nyaman dan aman ketika menjalankan perawatan.
Kata kunci : caring, perawat, vokasional
Full Text:
PDFReferences
Ardiana, A. (2010). Tesis : Hubungan Kecerdasan Emosional Perawat dengan Perilaku Caring perawat pelaksanan menurut persepsi pasien di Ruang
Arikunto (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta;Rhineka Cipta.
Azwar, S. (2009). Perilaku dan Sikap Manusia,Teori dan Pengukurannya.
Jakarta; Pustaka Pelajar.
Dwidiyanti, Meidiana. (2008). Keperawatan Dasar : Konsep “Caring”Etik danSpiritual Dalam Pelayanan Kesehatan. Semarang : Hasani
Handi Irawan, ( 2009 ),10 Prinsip Kepuasan Pelanggan,cetakan ketujuh, Jakarta:Elex Media Computindo.
Kozier,B dkk ( 2010 ) ,Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep,Proses,dan Praktik,Edisi 7, volume 1,Jakarta, EGC
Kotler ,Philip dan Keller.Kevin Lane .(2004) Manajemen Pemasaran 2, edisi Milenium,Jakarta PT,Ikrar Mandiri.
Notoadmojo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta; RhinekaCipta.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan kedua Edisi
revisi. Jakarta; Rhineka Cipta.
Nursalam. (2008), Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian IlmuKeperawatan. Jakarta; Salemba Medika.
Sukesi,N ( 2013 ) Upaya Peningkatan Caring Perawat Terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RS.Permata Medika Semarang .Manajemen Keperawatan ,Volume 1. No 1, Hal.15-24,Diakses 22 Desember 2015.
(http://jurnal.Unimus.ac.id/index php/JMK/article/view/945/997)
Suryani Manurung dan Mey Lys Ceryah Hutasoit (2013), Persepsi Pasien Terhadap Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 8, No. 3, Oktober 2013.
Sugiyono. (2010), Metode Penelitian. Bandung; Alfa Beta.
Magareta Mia Aji Saputri, 2007, Persepsi Pasien Tentang Perilaku Caring Perawat Dalam Pelayanan Keperawatan Diruang Maranatha I
Waluyo,K.O ( 2009 ) Hubungan Kepuasan dan Harapan dengan mutu Pelayanan di Instalasi rawat jalan RSU.Dr.Sutomo Surabaya dalam ( http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/11309118124-1411-9498.pdf.) Diakses pada tanggal 17 Juli 2016
Watson J. (2008). A ssesing and Measuring Caring in Nursing and Health Sciences. Edisi 2.New York:Springer Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jik.v2i2.17718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)