ANALISIS OPTIMALISASI PELAKSANAAN FIVE MOMENT HAND HYGIENE PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BERKAH PANDEGLANG

tuti sulastri, Eli Amaliah

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat optimalisasi perawat dalam melakasanakan salah satu pedoman patient safety dengan five moment hand hygiene di RSU Berkah Pandeglang . Desain penelitian korelasi deskriptif dengan cross sectional. Sampel 45 perawat. Analisis data  dengan Regresi  uji  Anova . Tujuan dari pnelitian ini untuk menganalisis optimalisasi perawat dalam menerapkan salah satui pedoman patient safety   yaitu five moment hand hygiene untuk mencapai keselamatan klien di rumah sakit. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuesioner dan observasi pada responden dalam melaksanakan standar prosedur operasional  five moment hand hygiene di masing-masing perawat tersebut dinas. Hasil  penelitian   teridentifikasi optimalisasi padaa pelaksnaan cuci tangan pada 3 moment yaitu sebelum tind Sedangkan untuk sebelum kontak dengan pasien dan setelah kontak dengan lingkungan pasien tidak optimal. yang diharapkan baik untuk Rumah sakit  mapun perawat adalah pelayanan yang maksimal dan mencegah terjadinya kejadian infeksi nasokomial bagi klien yang dirawat dengan menggunakan standar patient safety yang maksimal di lakukan oleh perawat khususnya dan seluruh karyawan Rumah sakit pada umumnya.

 

Kata Kunci                : five moment hand hygiene , perawat.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006) Prosedur Penelitian (suatu Pendekatan dan Praktik), Jakarta; Rieneka Cipta.

Azwar, S.(2000), Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta, Pustaka Pelajar Jogya Offset.

Boyce, J.M. dan Pittet (2002), Morbidy and mortality Weekly Report. Guideline For Hand hygine in health-Care Settings: Recommendations of the health Care infection Control Praktices Advisory Committee and the HICPAC/SHEA/APIC/IDSA Hand hygiene task force. CDC Morbidityand Mortality.

Brooks, G.F.,J.S Buteel and S.A Morse Jawetz melnick and Adelberg”s (2005), Mikrobiologi Kedokteran 2, Salemba Medika.

Cahyati, C. (2010) Hubungan Jenis Kelamin dengan Tahap Cuci Tangan Mahasiswa Saat Praktikum di Laboratorium Mikrobiologi fakultas Kedokteran Univeristas sebelas Maret Surakarta.

Darmadi, (2008) Infeksi Nosokomial Problematika dan Pengendaliannya, Jakarta : Salemba Medika.

Depkes, (2008). Pedoman Manajerial pencegahan dan pengendalian Infeksi Di rumah sakit dan Fasilitas Kesehatan lainnya, Jakarta.

Depkes, (2010), Buku Panduan Peringatan hari Cuci tangan sedunia, Jakarta.

Depkes RI (2007), Pedoman manajerial Pencegahan dan Pengetahuan Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan lainnya, Jakarta.

Depkes RI (2010), Buku Panduan Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Ketiga, Jakarta.

Desianto (2013) Efektivitas mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman Kesmas, Vol.7, No.2 September 2013, ISSN:1978-0575.

Jamaluddin, dkk. 2012. Kepatuhan Cuci Tangan 5 Momen di Unit Perawatan Intensif. Artikel Penelitian Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk vol. 2 nomer 3 Juli 2012 12. Lau Chun Ling. 2012. Factors Affecting Hand Hygiene Compliance in Intensive Care Units : A Systematic Review. The University of Hong Kong

Sax, H, dkk. 2009. The World Health Organization hand hygiene observation method American Journal of Invection Control.

Suppl A), S40-S46. 9. Karabay,Ogus,dkk. 2005. Complianceand Efficacy of Hand Rubbing during in Hospital Pratice Diunduh dari : http://web.ebscohost.com

Suryoputri AD, 2011, Perbedaan angka kepatuhan cuci tangan petugas kesehatan di RSUP DR. Kariadi studi di Bangsal Bedah, anak, interna, dan ICU, UNDIP, Semarang.

Sugiayono, (2009), Statistik Untuk Penelitian, Bandung; CV. Alfabeta

The Joint Commission, (20090, Measuring hand Hygiene adherence: Overcoming The Challangens

Whitby, M,dkk. 2007. Behavioural considerations for hand hygiene practices: the basic building blocks. Journal of Hospital Infection.

WHO, 2009, WHO guidelines on hand hygiene in health care, First Global Patient Safety Challenge Clean Care is Safe Care..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)