INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DAN TINGKAT KEPUASAN LANSIA TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CIPANAS KABUPATEN LEBAK

Jajang Ganjar Waluya, Eli Amaliyah, Fertin Mulyanasari

Abstract


Lansia sangat membutuhkan akses terhadap layanan kesehatan karena memiliki morbiditas dan mortalitas tinggi. Sebagian besar lansia memiliki penyakit kronik/degeneratif. Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan pertama di masyarakat dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan termasuk pelayanan kesehatan pada lansia. Pelayanan kesehatan bagi lansia di puskesmas harus menjadi prioritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat (IKM) dan tingkat kepuasan lansia terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Cipanas Kabupaten Lebak. Desain penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan Cross-Sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Sampel berjumlah 89 responden yang diambil dengan teknik consecutive sampling. Analisis data penelitian ini dengan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan Nilai IKM Puskesmas Cipanas adalah 77,82. Ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan Puskesmas Cipanas secara umum berada pada kategori mutu B (BAIK). Sebagian besar responden (73%) merasa puas dengan pelayanan di Puskesmas Rawat Inap Cipanas. Terdapat hubungan yang bermakna antara Indeks Kepuasan Masyarakat dengan tingkat kepuasan lansia terhadap pelayanan (p-Value 0,000). Puskesmas diharapkan meningkatkan kinerja pelayanan khususnya pelayanan pada lansia, perbaikan difokuskan pada unsur-unsur pelayanan yang memperoleh nilai persepsi rendah.

 

Kata kunci : Lansia, Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Puskesmas

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Y., & Sareong, K. M. (2013). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Rantepao Kabupaten Toraja Utara. 12, 1–12.

Andriani, A.-. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1), 45. https://doi.org/10.22216/ jen.v2i1.461

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010) (Ed.Rev.201). PT Rineka Cipta.

BPS. (2020). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2020.

Effendi, K., & Junita, S. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. EXCELLENT MIDWIFERY JOURNAL Kedokteran, Fakultas Sumatera, Universitas, 3(2), 82–90. https://jurnal.mitrahusada.ac.id/index.php/emj/article/ download/ 127/110

Iman, A. T., & Lena, D. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I : Quality Assurance (Vol. 148).

Infodatin. (2014). Situasi dan Analisis Lanjut Usia. In Pusat Data dan Informasi Kemenkes Ri (Vol. 2, Issue 2, pp. 1–2).

ITS. (2019). Analisis Layanan Publik. Pejabat Pelayanan Informasi Dan Dokumentasi.

Kaseger, H., Akbar, H., Amir, H., Astuti, W., & Rahayu Ningsih, S. (2021). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Rawat Jalan di Wilayah Kerja Puskesmas X. Jurnal.Uimedan.Ac.Id, 3(1), 23–33. https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/ Jurnalfarmasi/article/view/538

Kemenkes. RI. (2019). Kurikulum Pendampingan Lanjut Usia Bagi Caregiver. 322.

Kemenkes RI. (2017). Situasi lansia di Indonesia tahun 2017: Gambar struktur umur penduduk indonesia tahun 2017. Pusat Data Dan Informasi, 1--9.

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.

Kemenkes RI. (2019a). Indonesia Masuki Periode Aging Population. https://www.kemkes.go.id/article/view/19070500004/ indonesia masuki periode aging population.html

Kemenkes RI. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas, Nomor 65(879), 2004–2006.

Kemenkes RI. (2020). Panduan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia Pada Era Pandemi Covid-19. In Kementrian Kesehatan RI (Issue April).

KemenpanRB. (2017). Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Indonesia, 94(2), 459–464. https://doi.org/10.1016/ 0014-4827(75)90518-2

Kemenkes RI. (2015). Permenkes No. 67 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia Di Pusat Kesehatan Masyarakat. Kementerian Kesehatan Indonesia, 89, 16.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Panduan Praktis Untuk Caregiver.

Kholifah, S. N. (2016). Keperawatan Gerontik (M. Dwisatyadini (ed.); Cetakan Pe, Vol. 148). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Khozin, M., & Mutmainah, N. F. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Lansia di Kota Yogyakarta (Studi kasus pelayanan kesehatan pada Puskesmas Mantrijeron). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 1(2), 143. https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.18452

Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 140–148.

Profil Kesehatan Cipanas. (2020). Profil Kesehatan Kecamatan Cipanas.

Sanah, N. (2017). Pelaksanaan Fungsi Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. EJournal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 305–314. http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/ 2017/03/Nor Sanah (03-01-17-09-15-45).pdf

Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Diandra.

UU No.13 Tahun. (1998). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia.

Yustisia, (2017). Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Kepuasan Pasien Lanjut Usia. STIK Jombang, 1–82. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/ 123456789/37953/1/RIZQIANA ADAWIYAH-FKIK.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)