MELATIH ROM PASIF DAPAT MENINGKATKAN PEMENUHAN KEBUTUHAN MOBILITAS FISIK PADA PADA PASIEN STROKE HEMORAGIK DI RSUD PROVINSI BANTEN SERANG : METODE STUDI KASUS

Rizky Racmatullah, Eli Amaliyah, Erinna Luthfia

Abstract


Stroke merupakan suatu keadaan dimana terdapat tanda-tanda klinis yang berkembang secara cepat berupa defisit neurologik fokal dan global yang dapat memberatkan dan berlangsung lama selama 24 jam atau lebih dan dapat menyebabkan kematian. Stroke hemoragik, disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak yang bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Masalah yang ditemukan pada stroke hemoragik adalah gangguan mobilitas fisik. Gangguan mobilisasi fisik pada pasien stroke bisa diatasi dengan beberapa metode aktivitas fisik seperti Range of Motion (ROM). Tujuan dari kasus ini adalah untuk melaksanakan Asuhan Keperawatan Gangguan Mobilitas Fisik Pada Pasien Stroke Hemoragik Dengan Tindakan Melatih ROM Pasif Untuk Meningkatkan Pemenuhan Kebutuhan Mobilitas Fisik Di RSUD Provinsi Banten. Metode dalam penulisan karya tulis ilmiah ini menggunakan metode pendekatan asuhan keperawatan dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan pemeriksaan fisik. Dari hasil studi kasus tentang gangguan mobilitas fisik pada pasien stroke hemoragik diperoleh adanya perubahan dan peningkatan pada kekuatan otot pasien setelah dilakukan tindakan melatih ROM pasif. Adapun pengaruh musik pada saat tindakan latihan ROM pasif berlangsung. Dapat disimpulkan bahwa masalah keperawatan dengan gangguan mobilitas fisik sudah teratasi sebagian sehingga membutuhkan perawatan atau latihan mobilisasi lebih lanjut dengan tindakan melatih ROM Pasif pada kedua klien.
Kata kunci: Stroke Hemoragik, Gangguan Mobilitas Fisik, Range of Motion (ROM).


Full Text:

PDF

References


Agustin, dkk. 2022. Implementasi Penggunaan Range Of Motion (ROM).

Ainur, R.N. 2019. Penurunan Penjualan Dalam Bauran Pemasaran Jasa Perumahan Andalusia Regency Suci di Pt. Manzilah Visi Mulia. Alamy. 2022. Kumpulan Photo Ariani, T.A. 2012. Sistem Neurobehaviour. Jakarta: Salemba Medika. Asmawariza, Lalu Hersika., Wiguna Reza Indra. 2020. Pengaruh Akupresur Stroke 14 Titik Terhadap Rentang Gerak Ekstremitas Atas Dan Bawah Pada Pasien Stroke Non Hemoragik. Association, S. 2014. Physical Effects of Stroke. Auryn, V. 2017. Mengenal Dan Memahami Stroke. Jogjakarta: Katahati. Aziz, A.A. 2012. Pengantar kebutuhan dasar manusia: aplikasi konsep dasar proses keperawatan. Jakarta: Salemba Medika. Cahyanti, Yanti. 2013. Perbandingan Latihan Rom Unilateral Dan Latihan Rom Bilateral Terhadap Kekuatan Otot Pasien Hemiparese Akibat Stroke Iskemik Di Rsud Kota Tasikmalaya Dan Rsud Kab. Ciami. Chaidir R. & Zuardi M.I. (2014). Pengaruh Latihan Range Of Motion Pada. Ekstermitas Atas Dengan Bola Karet Terhadap Kekuatan Otot Pasien. Derison, M.B. & Surani, W. 2016. Latihan Range of Motion (ROM) terhadap rentang sendi pasien pasca stroke. Idea Nursing Journal, 7(2): 12-18. Dinas Kesehatan Kabupaten Serang. 2019. Buku Profil Kesehatan Kabupaten Serang. Dinas Kesehatan Kabupaten Serang. 2021. Etika Penelitian: Prinsip, Kode etik, IC, Standar Etik. Geofani, Putri. 2018. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Stroke Hemoragik Di Bangsal Saraf RSUP Dr. Djamil. Padang.

Harahap, N.M. 2019. Komponen Evaluasi Asuhan Keperawatan. Haryono, R. & Utami, M. P. S. 2019. Keperawatan Medikal Bedah 2. 2nd edn. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Herdman & Kamitsuru. 2018. Nanda-1 Diagnosa Keperawatan Definisi dan Klasifikasi 2018-2020. Buku Kedokteran EGC. Heryana, Ade. 2020. Etika Penelitian. Hiengkaew, Vimonwan. 2013. Jointrange Dari mosi Diflacid Hemiparase. Junaidi, Iskandar. 2012. Stroke, Waspadai Ancamannya. Yogyakarta: Andi. Junaidi, I. 2018. Panduan Praktis Pencegahan dan Pengobatan Stroke. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer. Kasiati & Rosmalawati. W.D. 2016. Praktikum Kebutuhan Dasar Manusia I. Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan. Kemenkes RI. 2018. Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit.

Khaira, Fathmi. 2018. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Stroke Hemoragik Di Bangsal Saraf Rsup Dr M. Djamil Padang. Kurnianto, Duwi. 2015. Menjaga Kesehatan Di Usia Lanjut.

Lewis, S. L., Bucher, L., Margaret, M., Marrian, M., Kwong, J., & Roberts, D. 2017. MedicalSurgical Nursing, 10th Edition. Mosby ElsevierInc. Manalu. N.V. 2016. Pelaksanaan Pemeriksaan Fisik Oleh Perawat Di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung. Jurnal Skolastik Keperawatan.

Manjoer, Arief. 2018. Kapita Selekta Kedokteran, Edisi 4. Jakarta: media Aesculapius.

Manurung, Nixson. (2018). Keperawatan Medika Bedah Konsep, Mind Mapping Dan Nanda NIC NOC. 2nd ed. Edited by A. W. Arr. Jakarta: CV. Trans Info Media. Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)