EDUKASI MENYUSUI DAPAT MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG CARA MENYUSUI DENGAN BENAR PADA PASIEN POST SECTIO CAESARIA ATAS INDIKASI CEPHALOPELVIC DISPROPORTION DENGAN PENDEKATAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG WIJAYA KUSUMA RSUD dr. DRAJAT PRAWIRANEGARA SERA

Aminah Aminah, Ela Nurlaela, Nopia Ramadan

Abstract


Menyusui tidak efektif merupakan suatu keadaan dimana ibu dan bayi mengalami ketidakpuasan atau kesulitan pada saat menyusui (Tim Pokja SDKI DPP PPNI, 2016). Kurangnya pengetahuan ibu tentang cara menyusui yang baik dan benar bisa menyebabkan bayi mengalami aspirasi ASI, diare, dan infeksi. Tujuan edukasi menyusui dapat meningkatkan pengetahuan tentang cara menyususi dengan baik dan benar. Desain penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan Asuhan Keperawatan dengan subyek penelitian pada studi kasus ini adalah 2 pasien ibu Post Op Sectio Caesarea atas indikasi Cephalopelvic Disproportion dengan masalah menyusui tidak efetif. Hasil pada saat pengkajian penulis memperoleh data pada 2 pasien mengatakan ASInya belum keluar dan belum mengetahui tentang cara menyusui yang baik dan benar, pada kasus ini ditemukan diagnosa keperawatan yaitu Menyusui tidak efektif berhubungan dengan kurang terpapar informasi. Peneliti menentukan perencanaan keperawatan bagi kedua pasien yang dibuat sesuai dengan diagnosa yang telah ditetapkan berdasarkan buku panduan standar diagnosis keperawatan indonesia, standar intervensi keperawatan Indonesia dan standar luaran keperawatan Indonesia. Simpulan melakukan evaluasi pada kedua pasien bahwa menyusui tidak efektif dapat teratasi. Saran bagi pendidikan keperawatan dapat memotivasi mahasiswa tentang pentingnya peran perawat dalam memberikan dan menerapkan intervensi keperawatan pada pasien post op sectio caesarea dalam pemenuhan kebutuhan edukasi menyusui.

 

Kata Kunci : Menyusui Tidak Efektif, Sectio Caesarea, Cephalopelvic Disproportion, Edukasi Menyusui.


Full Text:

PDF

References


Aprilia, D., Krisnawati, A. M., & Surabaya, Stik. W. B. (n.d.). Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran pengeluaran asi pada ibu post partum.

Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Desmawati, Agustina, & Kusumastuti, R. D. (2020). Edukasi Ibu Menyusui Dengan ASI Eksklusif Melalui Komunikasi Interpersonal di Wilayah Kerja Pamulang: Health Teaching for Breasfeeding Mother with Exclusive Breastfeeding Through Interpersonal Communication in Pamulang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 6(1), 53–59. https://doi.org/10.33023/jpm.v6i1.543

Ekasari, T. D., & Adimayanti, E. (2022). Pengelolaan Menyusui Tidak Efektif Pada Ibu Post Sectio Caesarea Di Desa Ngaglik Argomulyo Salatiga. 6.

Falentina, D. (2019). Asuhan Keperawatan Pasien Dengan Post Op Sectio Caesarea Di Ruang Perawatan Mawar Nifas RSUD. Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Deepublish.

Mardhika, A., Medawati, R., Andini, R. A., Fadliyah, L., & Tyas, P. M. (2021). Asuhan Keperawatan Menyusui Tidak Efektif Pada Ibu Post Sectio Caesarea: A Case Report. 13(02).

Natia Wiji, R. (2013). Asi dan Panduan Ibu Menyusui. NUHA MEDIKA.

Notoatmodjo. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Nurarif, A. H., & Hardhi, K. (2015). Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis &. NANDA NIC-NOC. Mediaction Publising.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. SalembaMedika.

Primandari, N. P. L. (2019). Gambaran Asuhan Keperawatan Pada Ibu Post Partum Normal Dengan Menyusui Tidak Efektif Di RSUD Wangaya Tahun 2019.

Putra, B. A., Suparman, E., & Tendean, H. M. M. (2016). Gambaran persalinan letak sungsang di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. 4, 5.

Rosyidah, M., & Fijra, R. (2021). Metode Penelitian. Deepublish.

Sari, I. N. (2018). Asuhan Keperawatan Pada Klien Post Sectio Caesarea Dengan Masalah Keperawatan Ketidakefektifan Pemberian ASI Di Ruang Zade RSU Dr. Slamet Garut.

Tanjung, R. D. S., & Jahriani, N. (n.d.). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Persalinan Normal Di Klinik Harapan Bunda Kabupaten Padang Lawas UTARA Tahun 2021. 7.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2016). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI). Edisi 1. Persatuan Perawat Indonesia.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI), Edisi 1. Persatuan Perawatan Indonesia.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI), Edisi 1. Persatuan Perawat Indonesia.

Ulfa, S. M., Suryati, & Wulandatika, D. (2022). EDUKASI TENTANG TEKNIK MENYUSUI YANG BENAR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU NIFAS DI DESA SUNGAI TABUK, KABUPATEN BANJAR. Jurnal Pengabdian Mandiri.

Wahyuni, N. S., & Rustina, Y. (2020). Model Kognitif Sosial Bandura dalam Edukasi Menyusui: Literature Review. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 8(2), 150. https://doi.org/10.20527/dk.v8i2.7741


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)