TERAPI NAFAS DALAM MENINGKATKAN ISTIRAHAT TIDUR PADA PASIEN POST OPERASI SISTEM PENCERNAAN: HERNIA INGUINALIS DENGAN PENDEKATAN STUDI KASUS

Epi Rustiawati, Rika Sapitri

Abstract


Relaksasi nafas dalam merupakan suatu teknik merileksasikan ketegangan otot yang dapat membuat pasien merasa tenang dan bisa menghilangkan dampak psikologis pasien. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tindakan relaksasi nafas dalam  meningkatkan kebutuhan istirahat tidur pada pasien post operasi sistem pencernaan : hernia inguinalias. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan studi kasus dalam bentuk asuhan keperawatan 2 orang pasien post operasi sistem pencernaan : henia inguinalis yang mengalami masalah gangguan kebutuhan istirahat tidur dengan tindakan relaksasi nafas dalam (pengkajian, diagnosis keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi). Setelah dilakukan asuhan keperawatan dalam waktu 3x24 jam, kebutuhan istirahat tidur teratasi.

 

 

Kata kunci             : relaksasi nafas dalam, istirahat tidur , post operasi hernia inguinalis.

Full Text:

PDF

References


Fuzan, A. R. (2019). Asuhan Keperawatan Pada Klien Post Operasi Hernioraphy Atas Indikasi Hernia Inguinalis Lateralis Dengan Nyeri Akit di Ruang Wijaya Kusuma III RSUD Ciamis Tahun 2019.

Muchtar, A., Sitio, R., Rimadeni, Y., & Muna, N. (2022). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Post Operatif Hernia Ingunalis : Studi Kasus. Journal Keperawatan, 1(1), 29-35.

Ndode, Y. N., Ardiyani, V. M., & Yasin, D. D. F. (2018). Pengaruh Terapi Musik Klasik Mozart Terhadap Kualitas Tidur Pada Pasien Post Operasi Di Rumah Sakit Baptis Batu. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1).

Nurmala, S. Y. (2019) Asuhan Keperawatan Pemberian Teknik Relaksasi Napas Dalam Untuk Menguarangi Nyeri Pada Pasien PSMBA Di Ruang Melati 3 RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya-(KTI. 1435) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya).

Pertiwi, D. H., Muniroh, S., & Nisa, N. K. (2020). Asuhan Keperawatan Klien Hernia Inguinalis Paviliun Mawar RSUD Jombang. Jurnal EDUNursing, 4(2), 87-92.

Sumelzel, Suzanne, C. Bare Brenda, G. (2018). Buku Ajar Keperawatan Medical Bedah Brunner & Suddarth, Edisi VIII. Jakarta : EGC

Tim Pokja SDKI PPNI (2016) Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia. Jakarta : DPP PPNI

Tim Pokja SLKI PPNI (2018) Standar Luaran Keperawatan Indonesia. Jakarta : DPP PPNI

Tim Pokja SIKI PPNI (2018) Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Jakarta : DPP PPNI

Tim Pokja Pedoman SPO PPNI (2021) Pedoman Standar Prosedur Operasional Keperawatan, Edisi 1. Jakaeta : DPP PPNI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)