Tindakan Dukungan Mobilisasi Dini Pada Pasien Post Operasi Appendictomy dengan Gangguan Mobilitas Di Rsud Dr. Drajat Prawiranegara Tahun 2023

tuti sulastri, Epi Rustiawati

Abstract


Mobilisasi merupakan kemampuan seseorang untuk bergerak bebas, mudah, teratur, dan mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehat. Kehilangan kemampuan untuk bergerak menyebabkan ketergantungan dan ini membutuhkan tindakan keperawatan (Ambarwati, 2014). Sedangkan Gangguan Mobilitas Fisik adalah keterbatasan dalam suatu gerakan fisik dari satu atau lebih ekstremitas secara mandiri (Tim Pokja SDKI DPP PPNI, 2017). Faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan luka operasi appendic adalah kurangnya atau tidak melakukan mobilisasi dini. Mobilisasi dapat menunjang proses penyembuhan luka pasien karena dengan menggerakkan anggota badan akan mencegah kekakuan otot dan sendi, sehingga dapat mengurangi nyeri dan dapat memperlancar peredaran darah kebagian yang mengalami perlukaan (Cendikia Muda, Volume 1, Nomor 4, 2021 Ananda). Rencana studi kasus ini akan dilakukan diruang Melati 1 RSUD dr.Drajat Prawiranegara Serang dengan melibatkan 2 pasien post operasi appendiktomi. Dengan menggunakan metode studi kasus. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran Asuhan Keperawatan gangguan mobilitas fisik dengan tindakan melatih mobilisasi dini pada pasien post operasi appendictomy.
Kata Kunci : Mobilisasi dini, gangguan mobilitas fisik, appendectomy


Full Text:

PDF

References


Adha Aprillia, S., (2017) Asuhan Keperawatan gangguan mobilitas fisik pada pasien stroke non hemoragik di Irna C RSSN Bukit Tinggi (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Padang).

Ananda, A. R., Inayati, A., & Ludiana, L. (2021). Penerapan mobilisasi dini terhadap proses penyembuhan luka pada pasien dengan post operasi appendiktomi di kota metro. Jurnal Cendikia Muda, 1(4), 43 443.

Aprilia Marini (2020). Karya Tulis Ilmiah Asuhan Keperawatan pada klien Post Operasi Laparatomi eksplorasi A.I Apendisitis Akut dengan Masalah Keperawatan Nyeri Akut di Ruang Melati 4 RSUD Dr. Soekardjo kota Tasikmalaya

Aulia Rahman. (2021). Hubungan Tingkat Kecemasan Klien Post Operasi Appendictomy Dengan Mobilisasi Dini Di Rs Graha Husada Bandar Lampungaulia, Vol.4 .

Awaluddin, A. (2020). Faktor Risiko Terjadinya Apendisitis Pada Penderita Apendisitis Di Rsud Batara Guru Belopa Kabupaten Luwu Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 7(1), 67-72

Irsan Prayogu, P., Hadi, I., & Wijayati, F. (2018). Asuhan keperawatan pada pasien post operasi apendiktomi dalam pemenuhan kebutuhan mobilitas fisik di ruang melati rsud kota kendari (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kendari).

Mahendra M. D (2021).Asuhan Keperawatan pada pasien post operatif appendisitis di RSUD dr.Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan (Doctoral dissertation poltekkes Kalimantan Timur)

Mahmudah. J. S (2019) Pengaruh Relaksasi Nafas Dalam dan Genggam Jari terhadap Penurunan Intensitas Nyeri pada Pasien Post Apendiktomi Hari-3 (Doctoral dissertation Universitas uhamadiyah Magelang)

Manurung, Nixson. (2018). Keperawatan Medika Bedah Konsep, Mind Mapping Dan Nanda NIC NOC. 2nd ed. Edited by A. W. Arr. Jakarta: CV. Trans Info Media. Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morton, P.G. & Fontaine, D. K. 2012. Keperawatan Kritis: Pendekatan Asuhan Holistik Edisi 8. Jakarta: EGC.

Saputro. E. N (2018) Asuhan Keperawatan pada klien Post Operasi Apendisitis dengan Masalah Keperawatan Kerusakan Integritas Jaringan (Doctoral dissertation Insan Cendekia Medika)

Tanjung, A. A. (2020). Asuhan Keperawatan Pada Klien Yang Mengalami Post Operasi Appendisitis Dengan Kerusakan Integritas Kulit Dalam Penerapan Perawatan Luka di Rumah Sakit Umum Dr. Ferdinand Lumban Tobing Sibolga Tahun 2020.

Prasetyo, A. H. P. (2020). Efektivitas mobilisasi dini terhadap frekuensi peristaltik usus pada pasien post operasi dengan general anestesi di rs pku muhammadiyah yogyakarta (Doctoral dissertation, Potekkes Kemenkes Yogyakarta).

Prawito, P., & Shomad, M. (2019). Hubungan tingkat pengetahuan dengan tingkat kecemasan pasien dalam melaksanakan mobilisasi dini post operasi appendiktomi. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 11(2), 6-6.

Rahmawati, N. I. (2020). Asuhan Keperawatan Pada Klien yang Mengalami Post Apendiktomi dengan Masalah Mobilisasi Fisik di RSUD Bangil Pasuruan (Doctoral dissertation, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang).

Rani Saragih, R. (2018). Hubungan Pengetahuan Dan Motivasi Pasien Dengan Pelaksanaan Mobilisasi Dini Post Appendectomy Di Siloam Hospitals Lippo Village 2017 (Doctoral Dissertation, Stik Sint Carolus).

Setyaningrum, W. A. (2013). Asuhan keperawatan pada sdr. Y dengan post operasi appendiktomi hari ke-1 di ruang dahlia RSUD Banyudono (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Tanjung, A. A. (2020). Asuhan Keperawatan Pada Klien Yang Mengalami Post Operasi Appendisitis Dengan Kerusakan Integritas Kulit Dalam Penerapan Perawatan Luka di Rumah Sakit Umum Dr. Ferdinand Lumban Tobing Sibolga Tahun 2020.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI. 2019. Standar Luaran Keperawatan Indonesia. Jakarta. Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia

WHO. 2015. Stroke, Cerebrovascular Accident.

Wijaya, A.S & Putri. Y.M. 2013. KMB 2 Keperawatan Medikal Bedah Keperawatan Dewasa Teori dan Contoh Askep. Yogyakarta: Nuha Medika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)