KESIAPAN PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA KLIEN HIPERTENSI DENGAN TINDAKAN EDUKASI LEAFLET : STUDI KASUS

Tuty Alawiyah, Fertin Mulyanasari, Lili Amaliah

Abstract


Latar belakang :  Wold Heald Organization (WHO,2015) menyatakan bahwa jumlah masyarakat yang memiliki penyakit hipertensi terus meningkat setiap tahunnya. Sekitar 1,13 miliar orang dunia menyandang hipertensi. Peran keluarga dianggap penting dalam menyediakan perawatan bagi anggota keluarga yang memiliki hipertensi. Kesehatan dalam keluarga dapat dipengaruhi oleh peran anggota keluarga. Jika keluarga mampu mengenal, merawat, mengambil sesuatu keputusan saat salah satu anggota keluarga sedang sakit maka kesiapan  peningkatan pengetahuan yang ada di keluarga adalah efektif. Tujuan : untuk menggambarkan tindakan asuhan keperawatan keluarga pada klien yang menderita hipertensi dengan kesiapan peningkatan pengetahuan yang meliputi : pengkajian penentuan diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi serata evaluasi hasil. Hasil : setelah dilakukan asuhan keperawatan keluarga didapatkan hasil kesiapan peningkatan pengetahuan teratasi. Kesimpulan : Asuhan keperawatan dengan intervensi dan implementasi yang tepat dapat mengatasi masalah kesiaoan peningkatan pengetahuan .

Kata kunci : Keluarga, Hipertensi, Leaflet


Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. 2019. Hipertensi Penyakit Terbanyak di Masyarakat. Di akses melalui: https://www.kemkes.go.id. Pada tanggal 10 Januari 2023.

Kholid, Ahmad. 2012. Promosi Kesehatan Dengan Pendekatan Teori Perilaku,Media, dan Aplikasinya. Semarang : PT Rajagrafindo Persada.

Bakrie Maria, 2017. Asuhan Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru

Majid, Abdul. 2018. Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gangguan System Kardiovaskuler. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

WHO. (2014). The worldwide incidence of preterm birth: a systematic review of maternal mortality and morbidity.

Notoatmodjo S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

WHO, (2015). World Health Statistics 2015.

Yuliana, E. (2017). Analisis Pengetahuan Siswa Tentang Makanan yang Sehat dan Bergizi Terhadap Pemilihan Jajanan di Sekolah. Diakses dari http://repository.ump.ac.id/4114/3/Erlin%20Yuliana_BAB%20II.pdf pada 11 Februari 2019 pukul 09.20 WIB

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (S2016). Standar Diagnosis Keperawatan

Indonesia (SDKI) Edisi 1. Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Jakarta

Adrian, S. J. (2019). Hipertensi Esensial : Diagnosa Dan Tatalaksana Terbaru Pada Dewasa, 46(3), 172–178

Khairunnisa, A. (2019). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Hipertensi

Kayce Bell, P. D. C. 2015, June Twiggs, P. D. C. 2015, & Bernie R. Olin, P. D. (2015). Hypertension : The Silent Killer : Updated JNC-8 Guideline. Albama Pharmacy Association, 1–8

Haryani, Sri and Misniarti. 2020. “Efektivitas Akupresur Dalam Menurunkan Skala Nyeri Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas.” Jurnal Keperawatan Raflesia 2(1):21–30.

Kurnia, A. (2021). Self-Management Hipertensi (T. Lestari (ed.)). CV. Jakad Publishing.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2018). Standart Intervensi Keperawatan Indonesia: Definisi dan Tindakan Keperawatan (1 ed.). Jakarta: DPP PPNI.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia: Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan (1 ed.). Jakarta: DPP PPNI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)