HUBUNGAN USIA, JENIS KELAMIN, PENDIDIKAN, DAN LOS DENGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PERILAKU CARING PERAWAT DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD dr. ADJIDARMO

Eka Pratama Legiyanti Pratiwi, Ernawati Umar, Fertin Mulyanasari

Abstract


Latar belakang: Perilaku caring merupakan tindakan yang didasari oleh kepedulian, kasih sayang, keterampilan, empati, tanggung jawab, sensitif, dan dukungan yang harus dilakukan setiap saat dengan perasaan tulus dan ikhlas. Salah satu penilaian perilaku caring perawat bisa dilakukan berdasarkan persepsi pasien yang dipengaruhi oleh faktor internal (usia, pendidikan, jenis kelamin) dan eksternal (LOS). Tujuan penelitian: Mengetahui hubungan usia, jenis kelamin, pendidikan, dan Length Of Stay (LOS) yang berhubungan dengan persepsi pasien terhadap perilaku caring perawat dalam pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RSUD dr. Adjidarmo. Metode: Penelitian dengan analitik observasional dan desain penelitian cross sectional. Penelitan bersifat kuantitatif dengan sampel sebanyak 127 pasien di lima ruang rawat. Penelitian dimulai sejak September 2023 hingga Maret 2024. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner CBI-42 mengacu pada faktor karatif Watson. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil: Penelitian kepada 127 responden di ruang rawat inap RSUD dr. Adjidarmo menghasilkan persepsi baik sebesar 95,3%. Faktor usia berhubungan dengan persepsi pasien terhadap perilaku caring perawat dalam pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RSUD dr. Adjidarmo dengan p value 0,045. Jenis kelamin tidak berhubungan dengan persepsi pasien terhadap perilaku caring perawat dengan p value 0,100. Pendidikan berhubungan dengan persepsi pasien terhadap perilaku caring perawat dengan p value 0,000. Terakhir, LOS juga berhubungan dengan persepsi pasien terhadap perilaku caring perawat p value 0,000. Kesimpulan: Perilaku caring yang terlaksana dengan baik dapat membuat pasien cepat dalam mencapai kesehatan dan kesejahteraannya.

 

Kata Kunci: Hubungan, Persepsi, Kepedulian, Perawat


Full Text:

PDF

References


A. Assefa, D. Getahun, N. Desalegn et al. (2022). Perception of caring behavior and associated factors among nurses and midwives working in public hospitals in Southern Ethiopia. International Journal of Nursing Sciences, 9, 490-495.

A.J. Ferede, L. Wettergren, K. Erlandsson et al. (2023). Patients’ perceptions of caring behaviors at referral hospitals in Ethiopia: A cross-sectional survey. International Journal of Nursing Sciences, 10, 391-397.

Afrini, S. (2019). Gambaran Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019. Padang: http://scholar.unand.ac.id/45716/8/SKRIPSI%20full%20text%20Suwirna.pdf.

Agusriansa, Erwin, & Huda, N. (2015). Persepsi Pasien Preoperatif Terhadap Perilaku Caring Perawat. Jurnal Online Mahasiswa, 2(2), 917-926.

Alikari, V., Gerogianni, G., Fradelos, E. C., Kelesi, M., E. K., & Zyga, S. (2023). Perceptions of Caring Behaviors among Patients and Nurses. International Journal of Enviromental Research and Public Health, 20(1), 1-10.

Anggoro, W. T., Aeni, Q., & Istioningsih. (2018). Hubungan Karakteristik Perawat dengan Perilaku Caring. Jurnal Keperawatan, 6(2), 98-105.

Ergezen, F. D., Bozkurt, S. A., Dincer, H., & Kol, E. (2020). Patients’ Perceptions of Knowledge, Trust, and Connectedness in Nurses’ Caring Behaviors. Arastirma Research, 17(2), 55-61.

Firdaus, R. A., Astuti, P., Wijaya, A., & Ruliati. (2019). Nurse's Relation With Nurse's Knowledge In Caring Behavior Jombang Staying In Hospital Room Installation. Surabaya International Health Conference (hal. 1-8). Surabaya: SIHC.

Firmansyah, C. S., Noprianty, R., & Karana, I. (2019). Perilaku Caring Perawat Berdasarkan Teori Jean Watson di Ruang Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Vokasional, 4(1), 33-48.

Hasanah, K. (2023). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Baladhika Husada Jember. Universitas dr. Soebandi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Jember.

Herawati, N. (2020). Gambaran Persepsi Pasien Terhadap Pelaksanaan Perilaku Caring Dalam Pelayanan Keperawatan di Ruangan Rawat Inap Bedah RSUD Solok. Ensiklopedia Social Review, 2(1), 107-111.

Ilham, R., Yusuf, M. N., & Inaku, R. (2020). Caring Perawat di RSUD Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo. Jamburan Nursing Journal, 2(2), 173-184.

Irwan, S. (2017). Karakteristik Individu Dengan persepsi Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap BLUD RSU Teungku Pekan Aceh barat DayaTahun 2017. Jurnal Kesehatan Ilmiah Nasuwakes, 10(3), 524-541.

Kadir, H., Susanti, R. S., & Suriati, S. (2020). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN DENGAN PERILAKU CARING DALAM PELAYANAN PERAWAT DI RUMAH SAKIT HAJI KOTA MAKASSAR TAHUN 2019. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 2(1), 8-15.

Kadrianti, E. (2019). Gambaran Persepsi Pasien Tentang Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap Interna RSUD Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 13(6), 724-726.

Khoironi, A. T. (2022). Persepsi Pasien Tentang Perilaku Caring Perawat Dalam Pelayanan Keperawatan (Literatur Review). Jember: http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/616/1/17010088%20Ahmad%20Taufiq%20Khoironi.pdf.

Krisdayanti, D. (2019). Perbandingan Perilaku Caring Pada Mahasiswa Keperawatan Angkatan 2015 dan Mahasiswa Profesi Ners Angkatan 21 dan 22 di Fakultas Keperawatan. Universitas Jember, Program Studi Ilmu Keperawatan , Jember.

Kristianingsih, Arofiati, F., & Widakdo, G. (2022). Karakteristik Perawat Pelaksana Terhadap Perilaku Caring. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(1), 254-264.

Kusnanto. (2019). Perilaku Caring Perawat Profesional. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Airlangga (AUP).

Kuswanto, & Putri, M. A. (2021). Persepsi Pasien Mengenai Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap. Jurnal Keperawatan, 13(3), 717-725.

Lestari, L., & Ramadhaniyati. (2018). Falsafah dan Teori Keperawatan. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Listyana, R., & Hartono, Y. (2015). Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magelang Tahun 2013). Jurnal Agastya, 5(1), 118-138.

Lumbantobing, V. B., Susilaningsih, F. S., & Dadi, M. (2019). Perilaku Caring Perawat Pelaksana Rawat Inap Rumah Sakit di Kabupaten Indramayu. Jurnal Ilmiah Keperawatn Sai Betik, 15(2), 129-133.

Manurung, S., & Hutasoit, M. L. (2013). Persepsi Pasien Terhadap Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 8(3), 104-108.

Mutmainnah et al. (2021). Community Perceptions Of The Role Of Nurses As Health Service Providers. Indonesian Journal of Global Health Research, 3(3), 421-436.

Noprianty, R. (2021). Buku Monograf: Penguatan Teori Keperawatan dan Kebidanan dalam Melaksanakan Asuhan Kepada Pasien pada Masa Pandemic Covid-19 (Cetakan I ed.). Yogyakarta: The Journal Publishing.

Nur, R. (2021). Hubungan Pendidikan dan Lama Perawatan dengan Persepsi Pasien Terhadap Perilaku Caring Perawat di RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe. Gorontalo.

Permenkes RI No. 30 Tahun 2022. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, dan Unit Tranfusi Darah. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Rahayu, S. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Caring Perawat di Rumah Sakit. Faletehan Health Journal, 5(2), 77-83.

Ridhwan, M. (2023, Januari 05). Ada 1,26 Juta Tenaga Kesehatan di Indonesia pada Awal Tahun 2023. Dipetik September 2023, 2023, dari DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/tenaga-kerja/detail/ada-126-juta-tenaga-kesehatan-di-indonesia-pada-awal-tahun-2023

Samsualam, Agus, A. I., & Ami, H. (2021). Nurses' Caring Behavior in Hospital: A Literature Review. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(1), 225-231.

Sandiyah, C. D., & Mustriwi. (2021). Sikap Caring Perawat Terhadap Pasien Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 9(2), 81-89.

Sumarandak, M. E., Tungka, A. E., & Egam, P. P. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kawasan Monumen Di Manado. Jurnal Spasial, 8(2), 255-268.

Susanti, T. Y., & Apriana, R. (2017). Perilaku Caring Perawat dan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. 1-12.

Tiara, & Lestari, A. (2013). Perilaku Caring Perawat dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 9(2), 115-119.

Ulfa, A. F., & N. K. (2018). Persepsi Pasien Terhadap Perilaku Caring Perawat Dalam Melakukan Asuhan Keperawatan di RSUM Jombang. Hospital Majapahit, 10(1), 1-7.

Urzia, U., & Jannah, N. (2020). Persepsi Pasien Terhadap Perilaku Caring Perawat di Rumah Sakit. JIM FKep, 4(2), 132-140.

UU No. 38 Tahun 2014. (2014). Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Jakarta: Pemerintah Pusat.

Wahyudi et al. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Caring Perawat Di Ruang Perawatan Interna. Journal of Islamic Nursing, 2(2), 82-92.

Wiharni, R. (2022, Juli 06). Pentingnya Konsep Caring Dalam Asuhan Keperawatan. Dipetik November 06, 2023, dari yankes.kemkes.go.id: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/176/pentingnya-konsep-caring-dalam-asuhan-keperawatan

Yeh, M.-Y., Wu, S.-C., & Tung, T.-H. (2017). The relation between patient education, patient empowerment and patient satisfaction: A cross-sectional-comparison study. PubMed, 11-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)