PENERAPAN PURSED LIP BREATHING UNTUK MENINGKATKAN SATURASI OKSIGEN DENGAN MASALAH GANGGUAN PERTUKARAN GAS PADA PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK (PPOK) DI RSUD DEPATI HAMZAH PANGKALPINANG

Indah Sari, Ashar Abilowo, Syafrina Arbaani Djuria

Abstract


Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah hambatan aliran udara di saluran napas yang tidak sepenuhnya reversible, bersifat progresif dan terkait dengan adanya proses inflamasi kronis saluran nafas dan paru-paru terhadap gas atau partikel berbahaya penanganan PPOK dengan tindakan pursed lip breathing (PLB) adalah latihan pernapasan dengan menghirup udara melalui hidung dan mengeluarkan udara dengan cara bibir lebih dirapatkan atau dimonyongkan. Tujuan peneliti ini untuk menggambarkan penerapan pursed lip breathing untuk meningkatkan saturasi oksigen dengan masalah gangguan pertukaran gas pada

pasien penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan 2 partisipan dengan menggunakan alat pengukuran pulse oximetri dilakukan 1 kali selama 3 hari. Hasil studi kasus partisipan 1 selisih sebelum dan sesudah penerapan pursed lip breathing mengalami peningkatan saturasi oksigen dari 4% sampai 6% sedangkan partisipan 2 selisih sebelum dan sesudah penerapan pursed lip breathing mengalami peningkatan saturasi oksigen dari 4% sampai 7%. Kesimpulan bahwa penerapan pursed lip breathing pada masalah gangguan pertukaran gas dapat membantu meningkatkan saturasi oksigen pada pasien PPOK.

 

Kata kunci : PPOK, pursed lip breathing, saturasi oksigen


Full Text:

PDF

References


Cahyani, Pujiarto dan Putri. (2020). Asuhan Keperawatan Pasien PPOK Menggunakan Posisi Condong Ke Depan dan Latihan Puser Lip Breathing Untuk Meningkatkan Saturasi Oksigen. http://junal.poltekkespalu.ac.id/ index.php/MNJ diakses pada tanggal 16 November 2022.

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (2021). Profil Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung. (Online) http://www.dinkes.babelprov.g o.id/ diakses pada tanggal 3 Januari 2023.

Hartati, Wahidin dan Muzaki . (2021). Literature review : Pengaruh Pursed Lib Breathing Terhadap Saturasi Oksigen Pada Pasien Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK). https://osf.io/preprints/a8kjs/ diakses pada tanggal 16 November 2022.

Islami dan Suyanto. (2020). Perbedaan Nilai Saturasi Oksigen Pasien PPOK Menggunakan Pursed Lib

Breathing Dan 6 Minutes Walk Exercise. http://ejournal.poltekkes- smg.ac.id/ois/index.php/jnj/abo ut/submissions#aouthorGuideli nes diakses pada tanggal 16 November 2022.

Kardiyudiani dan Susanti. (2019). Keperawatan Medikal Bedah 1. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Kemenkes RI. (2021). Merokok, Penyebab Utama Penyakit Obstruktif Kronis. https://www.kemkes.go.id/artic le/view/21050900002/kemekes

--pt-novartis-indoneisa-jalin- kerja-sama-bidang- pengendalian-penyakit-tidak- menular.html diakses pada tanggal 4 Desember 2022.

Milasari dan Triana (2021). Pengaruh Pemberian Posisi Semifowler dan Teknik Pursed Lips Breathing Terhadap Saturasi Oksigen Pada Pasien Di Ruang HCU RSD Mangusada. http://journal.stikespemkabjom bang.ac.id/index.php/jikep/vie w/706. diakses pada tanggal 16 November 2022.

Prayoga, Nurhayati dan Ludiana. (2022). Penerapan Teknik Pernapasan Pursed Lips Berathing dengan Posisi Condong Kedepan Terhadap Saturasi Oksigen Pada Pasien PPOK DI Kota Metro. http://junal.akperdharmawacan a.ac.id/index.php./JWC/article/ view/348 diakses pada tanggal 16 November 2022.

Rusminah, Siswanto dan Amalia S. (2021). Literature review : Teknik Pursed Libs Breathing (PLB) Terhadap Saturasi Oksigen Pada Pasien Penyakit

Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

http://ejournal.akperkbn.ac.id/i ndex.php/jkkb/article/view/81 diakses pada tanggal 16 November 2022.

Sakhaei, Sadagheyani, Zinalpoor, Markani dan Motaarefi. (2018). The Impact of Pursed-lips Breathing Maneuver on Cardiac, Respiratory, and Oxygenation Parameters in COPD Patients.

https://www.researchgate.net/p ublication/328568918_ The_Impact_of_Pursed- lips_Breathing_Maneuver_on_ Cardiac_Respiratory_and_Oxy genation_Parameters_in COPD_Patients diakses pada tanggal 16 November 2022.

Sitorus, Jenti. (2021). Pengaruh Pursed Lips Breathing dan Pemberian Posisi Terhadap Saturasi Oksigen Pasien dengan PPOK Di RS hjbp Balige. http://ojs.akperhkbbalige.ac.id/i ndex.php/jikep/aeticle/view/20

diakses pada tanggal 16 November 2022.

Tarigan dan Juliandi. (2018). Pernafasan Pursed Lip Breathing Meningkatkan Saturasi Oksigen Penderita Penyakit Paru Obsetruktif Kronis (PPOK) Derajat II. http://114.7.97.221/index.php/ Keperawatan/article/view/426 diakses pada tanggal 15 Desember 2022.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2017).

Standar Diagnosis

Keperawatan Indonesia: Definisi dan Indikator Diagnostik. Jakarta : PPNI.

Wahidati, Hilma S. U. (2019). The Effectiveness of Tripod Position And Pursed Lips Breathing to Enhance Oxygen Saturation in Patients With COPD. http://ejournal.poltekkes- smg.ac.id/ojs/index.php/jnj/abo ut/submissons#authorGuideline s diakses pada tanggal 16 November 2022.

Widoroni, Andri dan Kristian. (2021). The Effect of Exercises Pursed Lip Breathing (PLB) Chages To Scale Of Breathlessness and Oxygen Saturation In COPD Patients At Hospital Dr. Soedarso Pontianak. https://thejnp.org/index.php/jnp

/article/download/169/129 iakses pada tanggal 16 November 2022.

WHO. (2022). Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD). https://www.who.int/news- room/fact-

sheets/detail/chronic- obstructive-pulmonary-disease- (copd) diakses pada tanggal 2 Desember 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JAWARA (Jurnal Ilmiah Keperawatan)