HUBUNGAN EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG MANFAAT ASI EKSKLUSIF PADA BAYI DI PUSKESMAS SINGANDARU TAHUN 2023

Ganang Arya Muhammad, Aminah Aminah, Lisnawati Yupartini

Abstract


ABSTRAK

Latar Belakang: Pemberian ASI Eksklusif sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dan ibu. Melalui edukasi adalah upaya penting untuk meningkatkan pengetahuan ibu menyusui, terutama terkait ASI Eksklusif dapat mengurangi risiko balita gizi buruk. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara edukasi dengan pengetahuan ibu hamil terhadap ASI Eksklusif. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen One Group Pre-test Post-test Design. Studi dilakukan di Puskesmas Singandaru tahun 2023 dengan responden ibu hamil sebanyak 30 responden. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Maret sampai dengan Bulan Mei menggunakan purposive random sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner, pengolahaan SPSS 21 dengan uji chi-square dengan p-value < 0.05. Hasil: Terdapat hubungan signifikan antara usia dan pengetahuan sebelum (p-value 0.032), dan sesudah edukasi (p-value 0.295) tidak terdapat hubungan signifikan. Namun, tidak terdapat hubungan signifikan antara pendidikan dan pengetahuan sebelum (p-value 0.601) dan sesudah edukasi (p-value 0.633). Setelah edukasi, tingkat pengetahuan ibu hamil meningkat dari 54.5% cukup baik menjadi 72.7% baik. Kesimpulan: Edukasi tentang ASI Eksklusif berhubungan signifikan terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil di Puskesmas Singandaru.

Kata Kunci: ASI Eksklusif, Bayi, Edukasi, Pengetahuan Ibu Hamil


Full Text:

PDF

References


Agustia, N., Rizanda, Machmud, & Usman, E. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu Bekerja di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Kesehatan Andalas, Padang.

Amalia, A. E., Daracantika, A., Fikriyah, D., Nurmarastri, D., Fitria, H. H., & Nanthyan Khampa, N. S. (2021). Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Ibu terhadap ASI Eksklusif di Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 1-8.

Ariyani, W., Nulhakim, L., & Siregar, N. (2023). Hubungan Karakteristik Dan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Bunyu. Aspiration of Health Journal, 382-392.

Asiah, N. (2016). Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian ASI Eksklusif Di Desa Bojong, Karang Tengah, Cianjur. ARKESMAS, 36-44.

Chairunnisa, R. O., & Juliarti, W. (2022). Asuhan Kebidanan Pada Bayi Baru Lahir Normal Di PMB Hasna Dewi Kota Pekanbaru. Jurnal Kebidanan Terkini, 23-28.

Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.

Darsini, Fahrurrozi, Cahyono, & Agus, E. (2019). Pengetahuan. Jurnal Keperawatan, 95-107.

Dewey, K. G., & Adu-Afarwuah, S. (2008). Systematic review of the efficacy and effectiveness of complementary feeding interventions in developing countries. Maternal & Child Nutrition, 4, 24-85

Dr. Marjes N. Tumurang, S. S. (2018). Promosi Kesehatan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Drs. Paulus Wahana, M. (2016). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Diamond.

Green, W L et. al. Helath Education Planing A Diagnostik Approach. The Johns Hapkins University, editor. Mayfield Publishing Company; 2005.

Hasanah, Y., Dai, R. M., & Sari, D. S. (2020). Implementasi Kebijakan Fungsi Puskesmas Selama Pandemi Covid 19 Di Puskesmas Margahayu Selatan Kabupaten Bandung. Responsive, 223-239.

Herman. (2018). The Relationship Of Family Roles And Attitudes In Child Care With Cases Of Caput Succedeneum In RSUD Labuang Baji, Makassar City In 2018. Jurnal Inoasi Penelitian, 49-52.

Kementerian Kesehatan, Mitra Bebestari, WHO. (2013). Pelayanan Kesehatan Ibu Di Fasilitas Kesehatan Dasar Dan Rujukan. Jakarta: UNFPA, UNICEF, USAID.

Kurniawati, A., & Nurdianti, D. (2017). Karakterisitik Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Dan Sikap Dalam Mengenal Tanda Bahaya Kehamilan. Jurnal BIMTAS, 32-41.

Lancet. (2016). Breastfeeding: achieving the new normal.

Mardiana, E., Musa, S. M., & Lestari, M. (2022). Metode Hypnosis Dalam Mengatasi Perubahan Psikologis Selama Masa Kehamilan : Studi Literatur. Jurnal JKFT, 54-58.

Naja, F., Chatila, A., Ayoub, J. J., Abbas, N., Mahmoud, A., collaborators, M., & Nasreddine, M. A. (2022). Prenatal breastfeeding knowledge, attitude and intention, and their associations with feeding practices during the frst six months of life: a cohort study in Lebanon and Qatar. International Breastfeeding Journal, 1-17.

Nidaa, I., & Krianto, T. (2022). Scoping Review: Faktor Sosial Budaya Terkait Pemberian ASI Eksklusif Di Indonesia. Jurnal Litbang, 9-16.

Ns. Reny Yuji Aspiani, S. (2017). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Maternitas Aplikasi NANDA, NIC, dan NOC. Jakarta: CV. TRANS INFO MEDIA.

Pratiwi, T., Winarsih, B. D., Hartini, S., Widyaningsih, H., & Wulandari, N. P. (2022). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang ASI Dengan Perilaku Pemberian ASI Pada Bayi Baru Lahir Di Ruang Eva Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 269-277.

Prof. Dr. Anak Agung Putu Agung, S. D. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Denpasar: ABPUBLISHER.

Qomariyah, N. (2016). Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik Dalam Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Rembang 2 Dan Puskesmas Sarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 249-256.

Rahman, N. 2017. Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Jumpandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar.Universitas Hasanuddin Makassar. Skripsi.

Rahmawati, A., & Wulandari, R. C. (2019). Influence of Physical and Psychological of Pregnant Women Toward Health Status of Mother and Baby. Jurnal Kebidanan, 148-152.

Retni, A., & Asiali, S. (2023). Studi Kasus: Pemberian ASI Eksklusif Dan ASI Tidak Eksklusif Terhadap Proses Involusi Uteri Pada Ibu Nifas. Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia, 40-46.

Rezaee, R., Ravangard, R., Amani, F., Tafti, A. D., Shokrpour, N., & BahramiI, M. A. (2022). Healthy lifestyle during pregnancy: Uncovering the role of online health information seeking experience. Journal PONE, 1-13.

Rohmah, A. (2021). Hubungan Edukasi ASI Eksklusif Berbasis Website Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Menyusui Dengan Risiko Balita Stunting di Puskesmas Dempet. D IV KEBIDANAN SEMARANG POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Poltekkes Kemekes Semarang., 2021.

SITI SUCIATI, S. W. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian ASI Eksklusif. Journal Unita, 1-6.

Soltani, & Hora, P. (2017). Buku Pegangan Oxford Kebidanan. Inggris: PUBLIKASI MEDIS OXFORD.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, & Tri, D. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Pola Laktasi Pada Bayi Baru Lahir 0 - 6 Bulan. Jurnal Kesehatan dan Pembangunan, 1-4.

Statistik, B. P. (2022). (BPS - Statistics Indonesia). Diambil kembali dari bps.go.id

The, F., Hasan, M., & Saputra, S. D. (2023). Edukasi Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi di Puskesmas Gambesi. Jurnal Surya Masyarakat, 208-213.

Utami, S. N., & Lubis, S. (2021). Efektivitas Akreditasi Puskesmas Terhadap Kualitas Puskesmas Medan Helvetia. Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN, 10-21.

Wahana, P. (2016). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Diamond.

Wahyuni, E. T., & Utami, I. (2023). Hubungan Pendidikan Dan Status Pekerjaan Dengan Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang, 22-27.

World Health Organization. (2018). Exclusive breastfeeding for six months best for babies everywhere. WHO.

World Health Organization. (2022). Pekan Menyusui Sedunia: UNICEF dan WHO serukan dukungan yang lebih besar terhadap pemberian ASI di Indonesia seiring penurunan tingkat menyusui selama pandemi COVID-19. WHO.

Wu, Y., Liu, W., Liu, X., Li, Y., Wang, Y., Chu, Y., . . . AihuaWang, J. L. (2023). Breastfeeding competency and its infuencing factors among pregnant women in third trimester pregnancy: a cross sectional study. Scientifc Reports, 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jik.v5i3.28419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jawara : Jurnal Ilmiah Keperawatan