PENGARUH PENAMBAHAN LILIN LEBAH DAN GLISEROL PADA EDIBLE COATING BERBASIS PATI TALAS BENENG TERHADAP KUALITAS BUAH STROBERI

Wardalia Wardalia, Nufus Kanani, Rudi Hartono, Muhammad Triyogo Adiwibowo

Abstract


Buah stroberi merupakan komoditas buah-buahan yang bernilai ekonomi tinggi namun umur simpannya pendek. Kerusakan buah disebabkan oleh proses respirasi dan transpirasi. Salah satu cara untuk menekan terjadinya transpirasi yaitu dengan aplikasi edible coating berbahan dasar pati alami seperti pati dari talas beneng. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan komposisi optimum edible coating dari pati talas beneng dengan campuran lilin lebah dan gliserol terhadap kualitas buah stroberi. Tahapan dalam memproduksi edible coating ini preparasi matrik edible coating dengan cara melarutkan pati dengan konsentrasi 3% dalam akuades. Larutan pati dicampurkan gliserol dengan konsentrasi 0,5; 1; dan 2% (v/v) lalu masing masing campuran ditambahkan lilin lebah dengan variasi konsentrasi 0,4; 0,8; dan 1,6% (w/v). Hasil analisis menunjukkan bahwa edible coating berbasis pati talas beneng pada hari ke 5 didapatkan hasil yang terbaik, dengan penambahan gliserol dengan konsentrasi 1% dan lilin lebah dengan konsentrasi 1,6% memberikan susut bobot dengan nilai terendah 15,7%, menghambat penurunan kadar gula dengan nilai kadar gula 3,2% dan menghambat penurunan kadar vitamin C sebesar 12% sehingga dapat dikatakan bahwa edible coating berbasis pati talas beneng dengan penambahan gliserol dan lilin lebah dapat meningkatkan kualitas buah stroberi.


Keywords


Lilin Lebah, Edible Coating, Gliserol, Stroberi

Full Text:

PDF

References


Agniati, K. I. (2017). Kajian Pengaruh Jenis Pelapis Dan Suhu Pengeringan Terhadap Sifat Fisika Dan Kimia Buah Stroberi (Fragraria Sp) Selama Penyimpanan (Doctoral dissertation, Fakultas Teknik Unpas).

Hanik F. H, U. (2019). Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Pati Talas (Colocasia Esculenta) Pada Aplikasi Edible Coating Dan Suhu Penyimpanan Terhadap Kualitas Buah Tomat (Lycopersicon Esculentum Mill.) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Harianingsih, H. (2010). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kepiting Menjadi Kitosan Sebagai Bahan Pelapis (Coater) Pada Buah Stroberi (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Kanani, N., Ekasari, E., Subkhan, A., Wardalia, W., & Riky, R. (2018). Pengaruh Penambahan Gliserol Dan Lilin Lebah Pada Susut Berat Buah Sawo Khas Banten. Jurnal Konversi, 7(2), 8.

Muin, R., Anggraini, D., & Malau, F. (2017). Karakteristik Fisik Dan Antimikroba Edible Film Dari Tepung Tapioka Dengan Penambahan Gliserol Dan Kunyit Putih. Jurnal Teknik Kimia, 23(3), 191-198.

Rustan, N. D., Ansharullah. Asyik, N. (2017). Aplikasi Edible Coating Berbasis Pati Sagu Dengan Penambahan Asam Sitrat Untuk Meningkatkan Daya Simpan Cabai Rawit (Capsicum frustescens). Vol.2: 997-1005

Sari, R. N., Novita, D. D., & Sugianti, C. (2015). Pengaruh Konsentrasi Tepung Karagenan Dan Gliserol Sebagai Edible Coating Terhadap Perubahan Mutu Buah Stroberi (Fragaria X Ananassa) Selama Penyimpanan. Jurnal Teknik Pertanian Lampung, Vol, 4(4), 305-314.

Sukasih, E., & Setyadjit, S. (2019). Teknologi Penanganan Buah Segar Stroberi Untuk Mempertahankan Mutu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 38(1), 47-54.

Winardi, R. R., & Harefa, M. (2018). Karakter Mutu Strawberry (Fragaria Virginiana) Selama Penyimpanan Dengan Perlakuan Edible Coating Campuran Sorbitol Dan Pati Sagu. Jurnal Agroteknosains, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jip.v11i2.18000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal integrasi Proses (JIP) has been indexed by:

                                         

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.