PENGARUH CARBOXYMETHYL CELULLOSE TERHADAP KARAKTERISTIK BIOPLASTIK MENGGUNAKAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN PATI AMPAS TAHU

Alma Alfiani, Nia Sasria

Abstract


Bioplastik merupakan plastik yang terbuat dari bahan yang bisa terdegradasi dengan baik. Bioplastik dapat dibentuk dengan bahan-bahan seperti pati dan selulosa. Untuk memperoleh bioplastik dengan kualitas yang baik maka dapat menggunakan pemlastis seperti sorbitol dan zat aditif seperti carboxymethyl cellulose (CMC). Studi ini mengkaji pengaruh penambahan carboxymethyl cellulose (CMC) terhadap daya serap air, biodegradasi, dan kuat tarik bioplastik. Setelah diperoleh pati dari ampas tahu dan selulosa dari tandan kosong kelapa sawit (TKKS), lalu bioplastik disintesis dengan Massa CMC divariasikan 2, 3, 4, dan 5 g. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, didapatkan hasil terbaik pada penambahan massa CMC sebesar 5 g dengan hasil daya serap air, biodegradasi, kuat tarik, dan elongasi adalah sebesar 41,69%, 22,43%, 0,089 MPa, dan 1%.


Keywords


Bioplastik; CMC; Pati; Selulosa

Full Text:

PDF

References


Dian, P. D. (2018). Potensi selulosa dari limbah tandan kosong kelapa sawit untuk bahan baku bioplastik ramah lingkungan. Jurnal Teknologi Lingkungan, 19(1), 81-87.

Hapsari, R. N. (2021). Optimasi carboxymethil celullose (cmc) pada bioplastik dari alginat sargassum sp. dengan pemlastis sorbitol. Tesis Universitas Islam Negri Syarif Hidayahtullah: Jakarta.

Intandiana, S., Dawam, A. H., Denny, Y. R., Septiyanto, R. F., & Affifah, I. (2019). Pengaruh karakteristik biolastik pati singkong dan selulosa mikrokristalin terhadap sifat mekanik dan hidrofobisitas. Jurnal Kimia dan Pendidikan, 4(2), 185-194.

Januastuti, L. (2015). Pemanfaatan limbah ampas tahu sebagai bahan baku pembuatan plastik biodegradable dengan plasticizer sorbitol. Tesis Politeknik Negeri Sriwijaya: Palembang.

Kalsum, U., Juniar, H., & Saputri, I. K. (2020). Pengaruh sorbitol dan carboxymethil pada bioplastik dari ampas tebu dan ampas tahu. Distilasi, 5(1), 21-26.

Mulyadi, S., Ningsih, E. S., & Abbas, A. (2013). Modifikasi polipropilena sebagai polimer komposit biodegradabel dengan bahan pengisi pati pisang dan sorbitol sebagai platisizer. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1(1), 119-122.

Nurfauzi, S., Sutan, S. M., Argo, B. D., & Djoyowasito, G. (2018). Pengaruh konsentrasi cmc dan suhu pengeringan terhadap sifat mekanik dan sifat degradasi pada plastik biodegradable berbasis tepung jagung. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem, 6(1), 90-99.

Pradana, M. A., Ardhyananta, H., & Farid, M. (2017). Pemisahan selulosa dari lignin serat tandan kosong kelapa sawit dengan proses alkalisasi untuk penguat bahan komposit penyerap suara. Jurnal Teknik ITS, 6(2).

Putra, A. D., Johan, V. S., & Efendi, R. (2017). Penambahan sorbitol sebagai plasticizer dalam pembuatan edible film pati sukun. JOM Fakultas Pertanian, 4(2), 1-15.

Sasria, N., Asrilsyah, A., Lubis, M. P. D., Zulfikar, A. & Tanjung, R. A. (2020). Sintesis dan karakterisasi plastik biodegradable berbasis pati nasi aking dan kitosan cangkang udang. Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi, 16(2), 231-236.

Sasria, N., Hernando, R., Lubis, M. P. D., & Zulfikar, A. (2021). Production of biodegradable plastics using aking rice starch and chitosan from crab shells as a substitute for conventional plastic. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 1053(1), 1-9.

Septiosari, A., Latifah, & Kusumastuti, E. (2014). Pembuatan dan karakterisasi bioplastik limbah biji mangga dengan penambahan selulosa dan gliserol. Indonesian Journal of Chemical Science, 3(2), 157-162.

Simatupang, H., Nata, A., & Herlina, N. (2012). Studi isolasi dan rendemen lignin dari tandan kosong kelapa sawit (TKKS). Jurnal Teknik Kimia USU, 1(1), 20-24.

Solekah, S., Sasria, N., & Dewanto, H. A. (2021). Pengaruh penambahan gliserol dan kitosan kulit udang terhadap biodegradasi dan ketahanan air plastik biodegradable. Al-Kimiya: Jurnal Ilmu Kimia dan Terapan. 8(2), 80–86.

Suryani, R. R., Hakim, A. A., Yusrianti, & Auvaria, S. (2021). Penambahan chitosan dan plasticizerglycerin dalam pembuatan bioplastik berbahan dasar ekstrak protein ampas tahu. Jukung (Jurnal Teknik Lingkungan), 7(2).

Tamiogy, W. R., Kardisa, A., Hisbullah, & Aprilia, S. (2018). Pemanfaatan selulosa dari limbah kulit buah pinang sebagai bahan baku pembuatan bioplastik. Jurnal Rekayasa Kimia & Lingkungan, 14(1), 63-71.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jip.v12i1.18932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal integrasi Proses (JIP) has been indexed by:

                                         

 

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.