Sistem Kontrol Dynamic Voltage Restorer Menggunakan Fuzzy Logic Controller Untuk Pemulihan Voltage Sag Di Pt Dian Swastika Sentosa Serang Power Plant

Ceri Ahendyarti, Wahyuni Martiningsih, Reza Hariansyah

Abstract


Semakin beragamnya peralatan listrik yang ada, juga diiringi dengan kebutuhan sumber listrik dengan kualitas yang baik. Hal ini mengharuskan para penyedia listrik untuk dapat menjamin kualitas listrik yang diterima konsumen dalam keadaan baik. Sebab, semakin jelek kualitas daya listrik dari suatu sistem kelistrikan maka akan semakin banyak juga biaya kerugian yang digunakan untuk mengatasi permasalahan – permasalahan yang ditimbulkan. Keadaan yang baik pada sisi tegangan adalah ketika nilai tegangan berada pada 1 pu. Tegangan kedip merupakan salah satu faktor penyebab berkurangnya kualitas daya listrik. Tegangan kedip adalah menurunnya tegangan sistem dengan rentang 10 – 90% dalam jangka waktu 0,5 – 60 cycle. Gangguan pada sistem tidak mungkin dihindari, karena waktu terjadinya tidak dapat diketahui dengan pasti. DVR dapat digunakan untuk melakukan antisipasi pada saat terjadinya gangguan tegangan kedip. DVR merupakan konverter elektronika daya yang didesain untuk menjaga tegangan beban dari gangguan dengan cara melakukan injeksi tegangan dari batterai ke sistem. Sistem kontrol pada DVR ini menggunakan fuzzy logic controller untuk melakukan injeksi tegangannya. Pada penelitian ini akan dilakukan pemodelan sistem kontrol DVR untuk melakukan pemulihan terhadap tegangan yang hilang akibat gangguan dari tegangan kedip. Simulasi dilakukan pada beban aktif 250 KW dan reaktif 40KVAR di mils unit 6 sistem distribusi PT Dian Swastatika Sentosa Serang Power Plant dengan gangguan hubung singkat. Hasil simulasi menunjukkan sistem kontrol DVR yang telah dibuat dapat melakukan injeksi tegangan dan memulihkan tegangan sistem menjadi 1 pu


Keywords


Dynamic Voltage Restorer, Fuzzy Logic Controller, Tegangan Jatuh

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


J. G. Nielsen and F. Blaabjerg, "A Detailed Comparison of System Topologies for," IEEE Transsactions on Industry Applications, vol. 41, 2005.

P. Kumari and V. K. Garg, "Simulation of Dynamic Voltage Restorer Using Matlab to Enhance Power Quality in Distribution System," International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA), vol. 3, 2013.

H. P. Tiwari and S. K. Gupta, "Dynamic Voltage Restorer Based on Load Condition," International Journal of Innovation, Management and Technology, vol. 1, 2010.

S. T. Sembiring and G. Golfrid, "Analisis Pemulihan Kedip Tegangan Akibat Gangguan Satu Fasa ke Tanah Dengan Menggunakan Dynamic Voltage Restorer Pada Sistem Tiga Fasa Dengan Beban Bervariasi," VISI, vol. 3, 2012.

S. W. Wahab and A. M. Yusof, "Voltage Sag and Mitigation Using Dynamic Voltage Restorer (DVR) System," ELEKTRIKA, vol. 8, pp. 32-37, 2006.

Ledwich and A. Ghosh, "Compensation of Distribution System Voltage Using DVR," IEEE Transactions on Power Delivery, vol. 17, 2002.

R. Prayuga, S. Hernanda and M. Pujiantara, "Analisa Pengaruh Koordinasi Peralatan Proteksi Terhadap Karakteristik Voltage Sag Di PT. Pupuk Kaltim (Pkt) Bontang,," Jurnal Teknik Pomits, vol. 1, 2012.

Azim and A. Hoque, "A Fuzzy Logic based Dynamic Voltage Restorer for Voltage Sag and Swell Mitigation for Industrial Induction Motor Loads," Int. J. Comput. Appl, vol. 30, 2011.

M. D. Santos and T. Hidayat, "Analisis Perbaikan Tegangan Sag Akibat Arus Asut Motor Induksi dengan Dynamic Voltage Restor (DVR)," ELEKTRIKA, vol. 1, 2017.

A. Kusko and M. T. Thompson, Power Quality in Electrical Systems, New York: McGraw-Hill, 2017.

IEEE Recommended Practice for Monitoring Electric Power Quality, IEEE Std 1159-1995, 1995.

I. H. Alatas, Fuzzy Logic Control in Energy System with Design Applications in Matlab/Simulink, London: The Institution of Engineering and Technology, 2017.

A. Setiawan, B. Yanto and K. Yasdomi, Logika Fuzzy dengan Matlab (Contoh Kasus Penelitian Penyakit Bayi dengan Fuzzy Tsukamoto), Perpustakaan Nasional Republik Indonesia: Jayapangus Press, 2018.

L.-X. Wang, A Course in Fuzzy System and Control, Prentice-Hall International, Inc., 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v10i2.13103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.