Rancang Bangun Sistem Informasi Arsip dan Persuratan Program Studi Teknik Elektro Untirta Berbasis Framework Laravel

Masjudin Masjudin, Cakra Adipura Wicaksana, Agusutrisno Agusutrisno, Rian Fahrizal

Abstract


Sistem Arsip atau repository merupakan sistem yang digunakan sebagai media penyimpanan data berupa dokumen kearsipan seperti surat, karya tulis, laporan kerja praktek dan dokumen lainnya pada sebuah lembaga. Budaya smart and green yang diterapkan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di dukung oleh Program Studi Teknik Elektro dengan menerapkan budaya paperless melalui sistem informasi repository dan persuratan. Sistem informasi ini dirancang menggunakan framework Laravel. Metode pengembangan menggunakan metode waterfall. Hasil uji implementasi menunjukkan bahwa sistem informasi arsip berjalan dengan baik dan efektif dalam membantu proses pengarsipan data-data dosen yang berkaitan dengan tridharma dan sistem persuratan membantu proses pengajuan dan pengambilan surat dengan lebih cepat, efektif, dan efesien.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


I Gusti Ngurah Swala Putra, I Putu Satwika, I Gede Juliana Eka Putra, Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel, Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 9 No. 2 pp. 163-172, Agustus 2020.

Ariyadi, B. M., Bahar, B. Model Aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu Pada Kantor

Kelurahan. JUTISI. Vol. 5 No. 1. Pp. 895-906. 2017.

Fatah Sulaiman, 20 Juni 2022, Visi dan Misi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Tahun 2019-2023, Available: https://untirta.ac.id/tentang/visi-dan-misi/.

Vincentius Alfredo, Meme Susilowati. Rancang Bangun Sistem Informasi Repositori Digital Dokumen Internal Berbasis Web. KURAWAL Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri. Vol. 4 Nomor 2. Pp. 169-182. Oktober 2021.

R. Vrana, Digital Repositories and Possibilities of Their Integration into Higher

Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 2017.

Nuning Cahyaningrum. Pengembangan dan Analisis Sistem Informasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar di SMK Batik Perbaik Purworejo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. 2013

A. Nugroho. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP

(Unified Software Development Process). Yogyakarta: ANDI. 2010.

K. E. Kendall and J. E. Kendall. Information Requirements Analysis, in SYSTEMS

ANALYSIS AND DESIGN, Upper Saddle River, Pearson Prentice Hall, 2011, p. 106.

Yasin K, 21 Juni 2022. 9+ Framework PHP Terbaik untuk Developer, Available : https://www.niagahoster.co.id/blog/framework-php-terbaik/




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v11i1.15990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.