Analisis Pendapatan UMKM Pada Masa Transisi Pandemic Menuju Endemic Melalui Traffic Social Media

Masjudin Masjudin, Muhammad Eka Setyo Aji, Cakra Adipura Wicaksana

Abstract


Pandemi COVID-19 melanda Indonesia mulai tahun 2020. Penyebaran COVID-19 telah melumpuhkan banyak sektor ekonomi. Semua aktivitas di luar ruangan dibatasi dan metode digital menjadi solusi untuk mengatasi masalah pandemi. Fotografer acara pernikahan (wedding fotografi) adalah pekerjaan dengan sedikit masalah atau tidak terlalu terkendala untuk berhubungan dengan banyak orang. Dengan pemanfaatan machine learning dan big data kami memberikan analisa data yang diperoleh dari Alkisahfotografi sebagai usaha yang bergerak di bidang jasa fotografi. Hasil yang diperoleh menunjukkan kinerja yang baik dengan hasil peramalan yang mendekati data aktual dengan pemanfaatan Regresi Linier dan Regresi Pohon Keputusan.


Keywords


Big Data, regresi linier, Decision Tree Regressor, Machine Learning

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


M. Ikhsan and M. Hasan, "Analisis Dampak penggunaan E-commerce Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar," Journal of Economic Education and Enterpreneurship Studies, vol. 1, no. 1, p. 39, 2020.

M. Rianty and P. F. Rahayu, "Pengaruh E-commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid 19," Jurnal akutansi dan manajemen, vol. 16, no. 2, pp. 153-167, 2021.

T. Erl, W. Khattak and P. Buhler, Big Data Fudamental, crawfordsville: Arcitura Education, 2015.

Ayuni, G. N., Fitrianah, D., Penerapan Metode Regresi Linear Untuk Memprediksi Penjualan Properti Pada PT XYZ, 2020.

Muslih, M., Arianti, N.D., Husen, A., Gustian, D., Pahmi, S., Ayunis, Hudayani, R. D., "International Conference on Computing, Engineering, and Design (ICCED).," Marketing strategy with linier regression to the interest of new students, 2017.

Zendrato, N., Zarlis, M., Sitompul, O. S., & Zamzami, E. M., "International Conference on Data Science, Artificial Intelligence, and Business Analytics (DATABIA).," Forecasting Acceleration of Data Transfer with Fog , 2020.

O. William and H. Witzgall, "ndependent Sample Mean Squared Error for Adaptive," IEEE Aerospace Conference, p. 1, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v11i2.18013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.