Evaluasi dan Perancangan Ulang Sistem Kehadiran Pegawai Politeknik Negeri Banyuwangi

Jauhara Nada Dzikria, Junaedi Adi Prasetyo, Devit Suwardiyanto, Mohamad Dimyati Ayatullah, Sepyan Purnama Kristanto

Abstract


Absensi adalah aktivitas pengumpulan data yang bertujuan untuk memperoleh informasi terkait kehadiran atau ketidakhadiran seorang pegawai di lingkungan kerja perusahaan. Politeknik Negeri Banyuwangi merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi di Banyuwangi, yang memiliki sejumlah pegawai yang melakukan absensi kehadiran setiap hari kerja. Sistem kehadiran pegawai di Politeknik Negeri Banyuwangi saat ini menggunakan alat fingerprint, di mana data absensi kemudian masuk ke dalam sistem kehadiran. Sistem ini telah digunakan sejak awal implementasinya, namun belum pernah dilakukan penelitian spesifik mengenai kinerjanya. Padahal, seiring berjalannya waktu, kebutuhan pengguna sistem semakin bertambah. Oleh karena itu, diperlukan adanya evaluasi sistem kehadiran yang ada pada saat ini yang. Hasil evaluasi digunakan untuk merancang kembali sistem kehadiran pegawai Politeknik Negeri Banyuwangi yang baru. Metode perancangan sistem pada penelitian ini menggunakan metode User Centered Design (UCD). Hasil dari penelitian yang diukur menggunakan berbagai parameter usability menunjukkan bahwa sistem baru berhasil meningkatkan kinerja dan kepuasan pengguna. Evaluasi ini menunjukkan bahwa usability score sistem baru mencapai 100%, dibandingkan dengan sistem lama yang memiliki skor lebih rendah. Selain itu, tingkat keberhasilan langsung (direct success) juga mencapai 100%, dengan misclick rate yang menurun drastis hingga 0%, serta durasi rata-rata penyelesaian tugas yang berkurang secara signifikan. Semua hasil ini mengindikasikan bahwa sistem baru lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna, memberikan pengalaman yang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan sistem sebelumnya.

Keywords


Perancangan Ulang Sistem; Sistem Kehadiran; User Centered Design; End User Computing Satisfaction; Evaluasi Sistem

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


U. Aryanti and S. Karmila, “Sistem Informasi Absensi Pegawai Berbasis Web di Kantor Desa Nagreg,” INTERNAL (Information System Journal, vol. 5, no. 1, pp. 90–101, 2022, doi: 10.32627.

W. Dinasari, A. Budiman, and D. Ayu Megawaty, “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ABSENSI GURU BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS : SD NEGERI 3 TANGKIT SERDANG),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 1, no. 2, pp. 50–57, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

A. R. Darwi and E. Efrizon, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING SEBAGAI PENDUKUNG AKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE EUCS,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 7, no. 1, p. 25, Feb. 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i1.103639.

H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS U,” 2021.

E. Salinas, R. Cueva, and F. Paz, “A Systematic Review of User-Centered Design Techniques,” 9th International Conference, DUXU 2020, Held as Part of the 22nd HCI International Conference, HCII 2020, Copenhagen, Denmark, pp. 253–267, 2020.

E. Suprapto, “User Acceptance Testing (UAT) Refreshment PBX Outlet Site BNI Kanwil Padang,” Jurnal Civronlit Unbari, vol. 6, no. 2, p. 54, Oct. 2021, doi: 10.33087/civronlit.v6i2.85.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/setrum.v14i1.27573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.