Pemanfaatan Teknologi Dengan Esensial Sensor GSM dan GPS Guna Meminimalisir Angka Kecelakaan Di Indonesia
Abstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan masalah serius di Indonesia yang mempengaruhi banyak orang setiap tahunnya. Tingkat kecelakaan yang tinggi disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya kepatuhan terhadap aturan lalu lintas dan infrastruktur jalan yang tidak memadai. Kampanye kesadaran keselamatan lalu lintas telah dilakukan oleh pemerintah, tetapi kesadaran akan pentingnya keselamatan belum merata di semua lapisan masyarakat. Faktor manusia menjadi penyebab utama kecelakaan, diikuti oleh faktor kendaraan dan faktor prasarana. Salah satu masalah utama adalah pengendara bermotor yang enggan menggunakan helm, meskipun penggunaan helm dapat melindungi dari cedera serius atau kematian. Sebagai solusi inovatif, Metode yang digunakan untuk mengatasi masalah kecelakaan di Indonesia dengan membuat prototype yang terintergrasi dengan sensor Gsm dan GPS Dalam Upaya percepatan pertolongan pada korban kecelakaan.Hasil yang di dapat Bahwa sensor GSM dan GPS mampu memberikan respon cepat pada situasi darurat hal ini terbukti pada percaan yang dilakukan dimana sensor ini mampu bekerja pada magnitudo 70 M
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Khairul Fahmi, “faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dan perilaku berkendara pada siswa sekolah menengah atas di pasir pengaraian riau,” Published by Cano Ekonomos, vol. vol 10 no 1, no. Kecelakaan, pp. 1-10, 2021.
W. Aktorina, W. Fitria dan K. Ghalib, AnalisaKarakteristik Kecelakaan dan Faktor Penyebab Kecelakaan Akibat Jalan di Provinsi Jambi, Padang: Jurnal IlmiahTELSINAS, 2023.
K. . A. Fadhilah, “kampanye pentingnya mengetahui pengetahuan dasar pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas,” Jurnal Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain, vol. vol 2 no 1, no. Edukasi, pp. 1-8, 2014.
L. A. R. W. T. I. Yohanes Putra Doa, “faktor-faktor penyebab kecelakaan kerja konstruksi di indonesia dan pencegahannya,” Jurnal Galegar, pp. 34-67, 2021.
S. N. Yulia Yarsi Nur Adlina , “Analisis Faktor Kecelakaan Lalu Lintas Surabaya Berdasarkan Perspektif Tata Ruang Melalui Pemodelan Spasial,” JURNAL TEKNIK ITS, vol. vol 10 no 1, no. Kecelakaan, pp. 1-12, 2021.
A. Ramadhan, “Operasi Lilin 2021, Polri : Angka Kematian Akibat Kecelakaan Menurun,” Humas Polri, Jakarta, 2022.
F. Rahmani, “Kepatuhan Remaja Dalam Berlalulintas,” Jurnal S1 Ilmu sosiatri, vol. vol 2 no 1, no. Analisa Faktor Kecelakaan Pada Remaja, pp. 1-8, 2013.
a. yani, “5 Ribu Pengendara Motor Tewas Tak Gunakan Helm, Masih Mau Nekat?,” Okezone, Jakarta, 2018.
A. Mubarok dan I. Sofyan, , “Sistem Keamanan Rumah Menggunakan RFID, Sensor PIR dan Modul GSM Berbasis Mikrokontroler,” JURNAL INFORMATIKA,, vol. Vol.5 No.1, no. Teknologi, pp. 137-144, 2018.
P. Hartanto, “Rata-rata Tiga Orang Meninggal Setiap Jam Akibat Kecelakaan Jalan,” Artikel GPR marroli, Jakarta, 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/setrum.v13i2.27603
Refbacks
- There are currently no refbacks.