Pengembangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kambing Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android

Mohammad Ammar Ramzy

Abstract


Penyakit yang sering menyerang kambing terbagi menjadi dua bagian, penyakit infeksi yaitu keropeng, foot rot dan penyakit non-infeksi yaitu diare, myasis, kembung, radang kelenjar susu, keracunan. Dalam suatu kasus, peternak rata-rata hanya mengetahui gejala tetapi tidak mengetahui penyakitnya dan peternak yang berada di daerah pelosok kesulitan mendapatkan konsultasi dari dokter hewan. Dengan berdasar pada masalah bagi peternak kambing, maka dalam penelitian ini diusulkan untuk membuat sistem informasi berbasis pengetahuan seorang pakar (Sistem Pakar) yang dapat diaplikasikan menggunakan smartphone berbasis OS android. Sistem Pakar menggunakan metode Forward Chaining yaitu metode inferensi penalaran yang menggunakan fakta-fakta untuk didapatkan kesimpulan. Hasil yang didapatkan yaitu berupa aplikasi android sederhana untuk membantu menentukan penyakit kambing dan mudah dioperasikan dengan memasukkan fakta-fakta gejala sebanyak 2 – 3 gejala yang terlihat. Dan hasil keputusan yang aplikasi keluarkan dengan keputusan seorang dokter adalah sama.


Full Text:

PDF

References


Yulianto, T., Mengerti tentang Mamalia, Aneka Ilmu, Semarang: 2, 2010.

Jamal, “Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Menular pada Kambing Berbasis Web Dengan Metodeward Chaining”, Jurnal TI-STMIK Arma Luhur Pangkalpinang, 2013.

Munawaroh, I., S., & Fatimah, D., D., S., “Pengembangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit dan Hama Pada Tanaman Semangka Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, Vol. 13, No. 1, 2016.

Apriliya, I., & Wahyuni, I., “Sistem Diagnosis Penyakit pada Kambing Menggunakan Metode Forward Chaining”, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, Vol. 11, No. 2, 2017.

Sari, I. N., “Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Kulit Pada Sapi Bali dengan Menggunakan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor”, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), Vol. 3, No. 3, 2014.

Arhami, M., Konsep Dasar Sistem Pakar, Andi, Yogyakarta: 111 – 119, 2005.

Siswanto, Kecerdasan Tiruan, jilid 2, Jakarta: 84 – 85, 2010.

Darmanto, & Hardiman, “Penyakit Utama Yang Sering Ditemukan pada Ruminansia Kecil (Kambing dan Domba)”, Workshop Nasional Diversifikasi Pangan Daging Ruminansia Kecil, 2011.

Wahyuni, I., & Kusumawati, C., “Diagnosis Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan pada Anak Menggunakan Forward Chaining dan Certainly Factor”, Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 2017.

Nurdiansyah, R., Destiani, D., & Retnadi, E., “Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Domba”, Jurnal SST-Garut, 10(1), 1-8, 2013.

Durkin, J., “Expert Systems Design and Development”, Prentice Hall International Inc, New Jersey, 1994.

Rosadi, D., & Hamid, A., “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining”, Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 8, No. 1, 2014.

Ruen, A., “Implementasi Forward Chaining untuk Diagnosa Penyakit Jantung”, Tugas Akhir, Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, 2012.

Mulya, S., “Sistem Cerdas Untuk Mendiagnosa Penyakit Kucing Persia Dengan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor”, Jurnal Teknik Informatika-S1 UDINUS, 2015.

Sutojo, T., Kecerdasan Buatan, Andi, Yogyakarta, 2011. [16] Adi, P. S., & Supriyanto, C., “Analisis Metode Forward Chaining Dalam Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Hewan Sapi”, Jurnal Teknik Informatika FIK UDINUS, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v7i2.3810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.