Penyelesaian Masalah 8-Queen Dengan Depth First Search Menggunakan Algoritma Backtracking

Muhammad Khoirussolih, Galang Wicaksono

Abstract


Artificial Intelligence (A.I.) atau kecerdasan buatan dapat membantu suatu program untuk bekerja dengan pemikiran program itu sendiri, sehingga meminimalisir campur tangan pengguna. Kecerdasan buatan saat ini umum digunakan dalam permainan-permainan komputer yang memungkinkan mode player atau versus computer, seperti permainan catur yang dapat berjalan dengan sendirinya. 8-Queen merupakan suatu bentuk masalah kombinatorial klasik yang menempatkan 8 bidak pada papan catur berukuran 8x8. Penyelesaian 8-Queen dengan menggunakan algoritma Brute Force di lakukan dengan mencoba keseluruhan kemungkinan penempatan 8 bidak pada papan catur yang berukuran 8 × 8 pada kolom, baris, dan diagonal yang berbeda. Namun, kompleksitas waktu yang dihasilkan sangatlah besar (lebih besar dari eksponesial). Sehingga dibutuhkan algoritma lain yang mampu menyelesaikan permasalahan 8-Queen dengan kompleksitas waktu yang lebih kecil dibandingkan dengan algoritma Brute Force.

Keywords


Kecerdasan Buatan, Algoritma, Backtracking, Brute Force, Catur, Kompleksitas, 8-Ratu

Full Text:

PDF

References


D. Suhartono, "SEARCHING: UNINFORMED & INFORMED," 23 April 2013. [Online]. Tersedia di: http://socs.binus.ac.id/2013/04/23/uninformed-search-dan-informed-search/. [Diakses pada 18 Mei 2015].

F. Duniho dan H. Bodlaender, "Piececlopedia: Queen," 11 September 1998. [Online]. Tersedia di: http://www.chessvariants.org/piececlopedia.dir/queen.html. [Diakses pada 13 Mei 2015].

Hoffman. et all, "Construction for the Solutions of the m Queens Problem," Mathematics Magazine Vol. XX, 1969.

M. Richards, Backtracking Algorithms in MCPL using Bit Patterns and Recursion, Cambridge University Computer Laboratory, 2009.

S. Russell and P. Norvig, Artificial Intelligence: A Modern Approach, Prentice Hall, 2009.

W. W. R. Ball, The Eight Queens Problem, in Mathematical Recreations and Essays, New York: Macmillan, 1960.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v4i1.464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.