Penyelesaian Masalah 8-Puzzle dengan Algoritma Steepest-Ascent Hill Climbing
Abstract
8 puzzle merupakan salah satu implementasi dari Artificial Intelegence. Dalam proses penyelesaiannya banyak terdapat algoritma-algoritma pencarian yang dapat diterapkan. Solusi 8 puzzle akan lebih cepat diperoleh jika digunakan prinsip array dengan variasi algoritma Steepest-Ascent Hill Climbing (Hill Climbing dengan memilih kemiringan yang paling tajam / curam) dengan parameter heuristik posisi yang benar dan heuristik jarak serta dikombinasikan dengan LogList sebagai penyimpanan state state yang pernah dilalui untuk menanggulangi permasalah pada algoritma hill climbing itu sendiri dan terhindar dari looping state yang pernah dilalui. Metode-metode yang termasuk ke dalam teknik pencarian yang berdasarkan pada fungsi heuristik salah satu diantaranya adalah Hill Climbing, Best First Search, A* (A Bintang). Loglist merupakan tempat penyimpanan setiap kunjungan dari state-state puzzle yang telah dilakukan untuk menghindari looping atau pengulangan terhadap state yang pernah dilalui. Untuk menanggulangi permasalahan pada SteepestAscent Hill Climbing.
Keywords
8Puzzle, heuristik, hill climbing, Steepest-Ascent Hill Climbing , loglist
Full Text:
PDFReferences
Kusumadewi, Sri. Pengantar Kecerdasan Buatan (AK045218):
TeknikPencarianHeuristik. Taufiq, Andik. 2010. 8-Puzzle Problem Bagian
http://andiktaufiq.wordpress.com/2010/05/02/8-puzzle-problem-bagian-2/. (Diakses tanggal 25 September 2014)
Boylestad, Robert. 1992. Electronic Devices and Circuit Theory. Englewood Cliffs:Prentice Hall.
Microcontroller Databook. 1995. San Jose: Atmel Corporation.
Nist Sematech, 2007. e-Handbook of Statistical Methods: Single Response Case.
Rich, Elaine. 1991. Artificial Intelligence. New York: McGraw-Hill.
DOI: http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v4i1.465
Refbacks
- There are currently no refbacks.